oleh

BLT DD Akan Diperpanjang Tiga Bulan

SUMEDANGEKSPRES.COM– Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka berlangsung lancar. Bahkan, untuk tahap selanjutnya, desa tersebut sudah menyiapkan anggaran untuk BLT lanjutan.

“Sesuai surat dari kementerian, kan bakal ada lanjutan BLT dari dana desa. Itu sudah kita siapkan anggarannya,” ujar Pjs Kades Cibeureum Kulon, Suhena ketika ditemui Sumeks di ruangan kerjanya kemarin.

Namun demikian, kata dia, pihaknya masih menunggu instruksi lanjutan dari pemerintah pusat maupun kabupaten. Rencananya, BLT tersebut akan dianggarkan untuk 3 bulan. Yakni, Juli, Agustus dan September. Besarannya sebesar Rp 300 ribu per bulan.

“Jika Rp 300 ribu per bulan per KK, berarti harus dianggarkan 900 ribu untuk tiga bulan per KK. Nah, itu nanti akan dialokasikan bagi 100 kepala keluarga penerima BLT DD sebelumnya. InsyaAllah anggarannya sudah kita amankan,” ujar Suhena.

Untuk saat ini, terang dia, penerima bantuan sosial selama Covid, sebanyak 716 KK dari total 1.529 KK di desa tersebut. Rinciannya, penerima PKH sebanyak 87 KK, BPNT 45 KK, BPNT perluasan 32 KK, BST Kemensos 224 KK, bansos gubernur DTKS  28 KK, bansos gubernur non DTKS 163 KK, bansos kabupaten sebanyak 37 KK.

Sedangkan bantuan langsung tunai dana desa, dialokasikan untuk 100 KK. “Jadi sekitar 47 pesen warga desa kami, menerima bansos selama Covid ini. Dan untuk PKH sudah berlangsung sejak beberapa tahun ke belakang,” ujar Kades.

Sementara itu, terkait penggunaan dana desa tahap 2, kata dia, di antaranya dialokasikan untuk rabat beton jalan gang di RW 7 Cimarga Dusun 3. Terkait Adaptasi kebiasaan baru, pihaknya selalu menyosialisasikan pada setiap pertemuan dengan warga, ataupun saat dilakukan pencairan BLT dana desa.

“Sesuai perbup 45 tahun 2020 tentang AKB, kita terus sosialisasikan protokol kesehatan. Yakni memakai masker di tempat umum, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, jaga jarak dan lainnya,” beber dia. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

News Feed