oleh

Di Depan DPRD, GMBI Tolak RUU HIP

Ilmawan: Akan Disampaikan Langsung ke DPR RI

SUMEDANGEKSPRES.COM – Ribuan masa anggota LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), berunjuk rasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang, Selasa (30/6). Mereka menyuarakan penolakan terhadap Rancangan Undang Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang tengah digodog DPR/MPR RI.

“Pancasila itu sesuatu yang telah disepakati bersama dan final, tidak bisa dirubah lagi. Pancasila adalah pedoman bagi bangsa ini, serta amanah dari pendiri negara ini,” kata Ketua LSM GMBI Distrik Sumedang, Yudi Tahyudin dalam orasinya.

Menurutnya, Pancasila itu sesuatu yang telah disepakati bersama dan final. Maka, tidak bisa dirubah lagi. “Pancasila adalah pedoman bagi bangsa ini, serta amanah dari pendiri negara ini,” katanya.

Dijelaskan, Pancasila adalah ideologi negara hasil kesepakatan pendiri bangsa yang sudah final dan mengikat. “Pancasila adalah titik temu semangat nasionalisme dan religius yang sudah berhasil mempersatukan bangsa dan memperkuat NKRI,” ujarnya.

Baca juga :

39.005 Pekerja Migran Pulang Kampung

Pancasila, lanjut Yudi, adalah satu kesatuan yang dijiwai semangat Ketuhanan Yang Maha Esa.  “Pancasila tidak bisa diperas menjadi Trisila atau ekasila, karena akan melemahkan eksistensinya sebagai ideologi bangsa,” tegas Yudi yang juga Korwi Il Jabar, yaitu Sumedang, Majalengka, Cirebon Raya dan Kuningan.

Dia pun meminta DPR RI, bukan hanya menangguhkan RUU HIP, tetapi harus mencabutnya dari nota pembahasan. Sebab, dinilainya sudah meresahkan masyarakat secara nasional. “Bukan ditunda atau ditangguhkan, tetapi harus dicabut dan dimentahkan,” tandasnya.

Di tempat sama, Wakil Ketua II DPRD Sumedang, Ilmawan Muhammad mengapresiasi positif aksi damai penolakan RUU HIP dari LSM GMBI yang berjalan dengan aman dan tertib. “Selain telah menampung aspirasi dari GMBI, kami pun akan menyampaikan langsung ke DPR RI terkait penolakan RUU HIP tersebut,” ujarnya.

Tak hanya itu, sambung Ilmawan, aspirasi dari LSM GMBI, pun telah dituangkan dalam berita acara yang isinya akan menerusakan aspirasi dari LSM GMBI. “Bahkan kami akan mengindahkan keinginan ketua GMBI, agar berita acara penolakan RUU HIP ini secepatnya disampaikan ke DPR RI,” tukasnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 komentar

  1. sini yuuukk pada merapat…
    asik main game dapat hadiah bonus,
    dan bisa jadi jutawan juga…
    hanya di dupa88
    rasakan sensasinya guuuys….

News Feed