oleh

Antisipasi Kebakaran, Kapolsek Ajak Teliti Gunakan Listrik

SUMEDANGEKSPRES.COM – Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sudah semestinya masyarakat teliti untuk menggunakan listrik yang ada di rumahnya. Sebab, teliti dalam menggunakan  listrik dan sumber api, menjadi bentuk antisipasi kebakaran.

Hal itu, disampaikan Kapolsek Cisitu, Iptu Awang Munggardijaya. Menurutnya, sebagian besar kasus kebakaran disebabkan hubungan pendek arus listrik. Dengan begitu, masyarakat harus lebih bijak menggunakan listrik agar tetap aman.

“Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan karena faktor korsleting listrik, maka masyarakat harus bijak menggunakannya,” katanya kepada Sumeks.

Dalam hal ini, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak ceroboh menggunakan listrik. Salahsatunya, membiarkan lamu menyala setiap saat, hal itu bisa memicu korsleting dan menyebabkan kebakaran.

Selain itu, lanjut kapolsek, memeriksa penggunaan listrik pada saat akan bepergian, diusahakan semua intalasi listrik dalam keadaan aman pada saat akan ditinggalkan.

“Alangkah lebih baiknya, kalau kita cek dulu semua alat elektronik yang biasa terpasang ke listrik dan memastikannya dalam keadaan aman,” imbaunya.

Selain itu, penggunaan kompor dan alat lain yang merupakan sumber api, juga harus hati-hati. Tak jarang, orang meninggalkan kompor pada saat sedang menyala karena sedang memasak sesuatu dan pada akhirnya kelupaan.

Seharusnya, kata kapolsek, tidak menjauhi kompor pada saat sedang digunakan. Diupayakan kompor tersebut selalu dalam pengawasan. “Jangan sekali-kali meninggalkan kompor yang sedang digunakan, karena itu juga sering menjadi penyebab kebakaran,” imbuhnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

News Feed