oleh

Tujuh Pengusaha Siap-siap Gigit Jari

Tawaran Terendah Belum Tentu Juara Lelang 14 Miliar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Sebanyak delapan perusahaan, siap adu nasib memenangkan tender pembangunan Gedung Creative Centre (eks Gedung Bidang Sumber Daya Air PUPR Kabupaten Sumedang). Namun begitu, tujuh pengusaha harus siap gigit jari bila satu dari delapan pengusaha yang tengah berasing itu, lolos sejumlah tahapan.

Kedelapan perusahaan itu, yakni PT Breins Veri, PT Satria Lestari Multi, PT Anugerah Bangun Kencana, PT Wideband Media Indonesia, PT Sumber Mega Utama, PT Java Adi Cipta, PT Cipta Usaha Nusa Gede dan PT Gian Gheana Gavin Abadi.

“Setelah pembukaan penawaran, tahapan selanjutnya kita lakukan evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga 16 Juli,” kata Kasubag Pengembangan SDM pada Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) Setda Kabupaten Sumedang, Didi Sumarna kepada Sumeks di ruang kerjanya, Kamis (9/7).

Baca juga :

Jasa Konsultansi Capai Ratusan Juta

Proses selanjutnya, kata Didi, pembuktian kualifikasi masih di hari yang sama. Kemudian penetapan pemenang pada tanggal 17 dan masa sanggah tanggal 20 sampai dengan 24 Juli. “Selepas masa sanggah, dilanjutkan dengan melayangkan Surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa (SPPBJ) kepada pemenang tender sekaligus penandatanganan kontrak, dari tanggal 27 Juli – 12 Agustus. Pembangunan akan dimulai sesudah tandatangan kontrak. Jika beres tangga 27 Juli, ya besoknya bisa dimulai,” katanya seraya menyebutkan estimasi pengerjaan selama 140 hari kalender.

Untuk menentukan pemenang tender, pihaknya akan melakukan evaluasi. Meliputi evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga. “Belum tentu penawar harga terendah bisa menang, karena kita harus melakukan tahapan evalusi dulu,” katanya.

Dijelaskan, dari kedelapan perusahaan itu, akan diambil tiga penawar terendah, untuk dilakukan evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga. “Jika ketiganya tidak ada yang lolos, maka akan diambil penawar terkecil keempat dan seterusnya sebagai pembanding, hingga didapatkan pemenang yang benar-benar qualified (memenuhi syarat),” katanya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed