oleh

Terisolir, Warga Bobos Ingin Jembatan Gantung

SUMEDANGEKSPRES.COM – Warga RT 11 Dusun Bobos Desa Wanajaya Kecamatan Surian, sangat berharap adanya jembatan gantung yang melintas Sungai Cikandung sebagai penghubung wilayahnya dengan wilayah lainnya. Terutama, untuk mobilitas warga RT 11 sendiri.

Selama ini, RT 11 cukup terisolir.  Karena untuk keluar wilayahnya seperti ke kantor desa saja, harus menyebrang Sungai Cikandung. Padahal, Sungai Cikandung termasuk sungai besar dengan arus air yang deras apalagi saat musim hujan.

Tokoh masyarakat setempat Cahya menyebutkan, ada sekitar 25 KK  yang tinggal di RT 11. Wilayah RT 11 ini, terpisahkan sungai. “Sejak dulu keinginan terbangunnya jembatan memang terus diaspirasikan warga,” ujar Cahya, belum lama ini.

Selama ini, kata dia, warga harus menyeberang sungai ketika beraktivitas sehari-hari. Adapun akses lain yang bisa dilewati melalui daratan harus memutar ke wilayah desa lain yang jaraknya lebih dari tiga kilometer.

“Kami sangat khawatir ketika anak-anak mau pergi ke sekolah harus menyeberang sungai. Iya kalau musim kemarau air sungai tidak begitu deras tapi pas musim hujan, kami harus bertaruh nyawa,” jelasnya.

Cahya mengatakan, sulitnya mobilitas membuat warga RT 11 terus berkurang. Mereka lebih memilih pindah ke wilayah Desa Karangbungur Kecamatan Buahdua.

Sementara itu, Kepala Desa Wanajaya Erwan Riswanto SE Ak membenarkan aspirasi warga RT 11 yang menginginkan adanya jembatan gantung. “Benar, jembatan gantung merupakan keinginan warga RT 11 Dusun Bobos,” tegasnya.

Menurutnya, keinginan warga akan segera terealisasi. Saat ini, rencana pembangunan jembatan gantung di Dusun Bobos itu, sudah dalam tahapan DED yang dilaksanakan konsultan perencanaan dengan dana dari bantuan keuangan provinsi. Usai DED, direncanakan pada Oktober- November 2020 mulai proses pekerjaan fisik jembatan.

“Saking kuatnya keinginan warga untuk keluar dari wilayah terisolir, warga rela menghibahkan sebagian lahan tanahnya untuk membuat jalan yang nantinya jadi akses ke jembatan gantung,” tegasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed