oleh

2.500 Sapi Ditargetkan Daftar Program AUTS

SUMEDANGEKSPRES.COM – Sebanyak 2.500 ekor sapi, ditargetkan terdaftar sebagai peserta Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Tahun 2020.

Kini, sejak digulirkan program AUTS oleh pemerintah pusat yang bekerjasama dengan PT Jasindo sekitar 3 tahun lalu, di Kabupaten Sumedang kurang lebih ada 3.000 ekor sapi yang telah terdaftar.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang H Erwin. “Untuk Tahun 2020 ini sesuai target dari provinsi, Sumedang ditargetkan 2.500 sapi masuk menjadi peserta program AUTS,” jelas Erwin, Jumat (10/7)  lalu.

Erwin mengatakan, untuk mengejar target tersebut, pihaknya kini terus berupaya melakukan sosialisai dan memberikan pemahaman kepada para peternak. Menurutnya, dengan masuk menjadi peserta asuransi usaha ternak sapi ini, para peternak merasa terlindungi.

Sebab, ketika suatu saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Seperti sapi mati, maka mereka mendapatkan ganti rugi. Dan untuk menjadi peserta AUTS, peternak tinggal mendaftar dan membayar premi Rp 40.000.

“Dan jika ternyata nanti dalam pemeliharan sapi mati maka akan diganti sebesar Rp 10 juta oleh pihak asuransi,” tukasnya.

Dikatakan, proses pengklaiman ke pihak asuransi juga tidak ribet. Dalam waktu cepat bisa diproses hingga ganti rugi turun. “Saat ini jumlah populasi sapi di Kabupaten Sumedang mencapai kurang lebih 30 ribu ekor,” pungkasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed