oleh

Kurban, MUI Ingatkan Masyarakat Taati Protkes

SUMEDANGEKSPRES.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) tak melarang umat Islam di tanah air  untuk melaksanakan ibadah kurban di Hari Raya Idul Adha. Namun demikian, pada pelaksanaanya masyarakat diminta menerapkan protokol kesehatan (potkes) Covid-19.

Demikian disampaikan kata Wakil Ketua MUI Muhyiddin Junaidi kepada wartawan di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/7). “MUI berharap tahun ini umat Islam terutama yang memiliki keleluasaan rezeki agar melakukan penyembelihan hewan kurban, berkurban. Mengingat begitu banyak dari umat Islam yang terpapar akibat pandemi Covid-19 maka sebaiknya daging-daging hewan kurban itu dibagikan kepada mereka secara merata,” ujar Muhyiddin.

Selain itu, MUI juga mengimbau agar masyarakat dan petugas penyembelihan hewan tetap patuh dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah saat merayakan hari raya Idul Adha agar tidak tertular Covid-19. Tujuannya untuk menghindari orang tanpa gejala (OTG) yang jumlahnya cenderung meningkat signifikan.

“Masyarakat yang ingin berkurban harus mengikuti protokol kesehatan khususnyan yang berkaitan dengan ya bagaimana menjaga jarak aman sehingga kita tidak tahu di antara kita ada yang OTG, nah itu harus berhati-hati. Maka kita harus buat tempat penyembelihan sedemikian rupa, menjaga higienitas kebersihan dan menjaga protokol kesehatan,” tuturnya.

Karena itu, sambungnya, peran dokter hewan di masa-masa menjelang Idul Adha juga teramat penting. Tak lupa, kata dia, para dokter hewan aktif untuk memeriksa kondisi kesehatan daripada hewan agar tidak membawa penyakit setelah dikonsumsi.

“Mengimbau kepada para dokter hewan untuk melakukan pengecekan terhadap hewan-hewan kurban yang akan disembelih sehingga tidak ada penyakit bawaan,” demikian Muhyiddin. (rmo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed