oleh

Bupati Jamin, Tak Ada Penyimpangan Bansos Covid

SUMEDANGESKPRES.COM – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menjamin di Kabupaten Sumedang tidak ada penyimpangan dana bantuan sosial (bansos) terkait Covid-19.

Bupati  menyampaikan, sejumlah langkah antisipasi telah dilakukan Pemkab Sumedang sejak disalurkannya bansos covid-19 dari berbagai sumber anggaran.

“Kami terus melakukan upaya verifikasi dan validasi terutama tentang data penerima bansos agar tidak ada dobel data. Pengecekan itu betul-betul dilakukan  beberapa kali. Semua sumber bantuan di cek semuanya,” ujar Dony, baru-baru ini di Jatinunggal.

Dony menyebutkan, saking ketatnya proses verifikasi validasi penerima bansos di Kabupaten Sumedang, sejumlah warga yang diupayakan masuk dan terdata untuk menerima bantuan, tetap tidak terakses.

Baca juga :
Penerima Bansos Tagih Bantuan

“Meski (data) sudah dipadankan beberapa kali, tapi tetap ada warga yang tidak masuk sama sekali. Ini menandakan bahwa ketatnya dan selektifnya pengecekan data,” sebut Dony.

Untuk mengantisipasi kemungkinan penyimpangan bansos, lanjut Dony, pihaknya telah melakukan transparansi dan keterbukaan informasi. Salah satu upaya, pihak Pemkab sudah membuat sebuah aplikasi data transparansi terkait penerima bansos. Dimana aplikasi itu bisa diakses oleh semua masyarakat baik yang mendapat bansos maupun yang tidak.

“Kami sudah luncurkan aplikasi ‘Mauneh’. Dimana aplikasi ini sebagai bukti transparansi kami dalam mengelola data penerimaan bansos. Semua pihak bisa mengaksesnya,” katanya.

Dony juga mengatakan, pola pengawasan terkait dana bansos juga melibatkan semua unsur. Ia mencontohkan, penggunaan dana desa (DD) untuk bantuan langsung tunai terdampak covid-19, pelaksanaanya mendapatkan pengawasan dari mulai desa, kecamatan hingga kabupaten serta pusat. Bahkan masyarakat desa pun langsung bisa mengetahuainya.

“Dengan sistem yang ada InsyaAllah akan terhindar dari penyimpangan. Dan kami menjamin di Sumedang tak akan ada penyimpangan,” ucap Dony. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Game dengan kemenangan tiada batas,
    Game dengan penghasilan terbesar,
    Game dengan sensasi yang luar biasa,
    Kekayaan menanti anda…..
    Daftarkan diri anda dan bergabunglah,
    Hanya di dupa88

News Feed