oleh

Kesadaran Vaksin Rabies Meningkat

SUMEDANGEKSPRES.COM – Rabies, bisa menjangkit setiap binatang yang berdarah panas seperti kucing, anjing, kera dan binatang sejenis lainnya. Oleh sebab itu, kucing menjadi salah satu binatang yang harus diwaspadai karena kerap bersentuhan langsung dengan orang.

Dengan begitu, pecinta kucing harus memahami pentingnya vaksin rabies pada hewan peliharaannya. Dan saat ini, kesadaran pemilik binatang peliharaan seperti kucing untuk memberikan vaksin rabies, mulai meningkat.

“Rabies itu sangat berbahaya, selain bisa mematikan hewan peliharaannya bisa juga berdampak buruk kepada pemiliknya,” kata Kepala UPT Perikanan dan Peternakan wilayah Jatinunggal, Ir. Letty Nuryati, kemarin (20/7).

Dengan begitu, pemilik hewan peliharaan yang berpotensi terkena rabies, harus bisa mengenali tanda-tanda jangkitan rabies. Hewan yang terkena rabies itu, kata Letty, biasanya tidak lagi patuh kepada perintah majikannya, mengeluarkan air liur berlebih, ganas, posisi perut diantara paha dan ekornya akan melengkung ke bawah. “Untuk antisipasi tertular rabies, kita harus memahami tanda-tandanya,” imbaunya.

Selain itu, untuk menghindarinya, masyarakat juga harus memahami cara penularan rabies tersebut. Rabies bisa menular melalui air liur hewan dan juga dari gigitannya. Dan terkena rabies, akan sangat berbahaya, sebab bisa menyebabkan kematian. “Bisa saja terjadi kematian pada manusia saat terjangkit rabies,” katanya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed