oleh

Pembebasan Pasirkanaga Sisakan 4 Rumah

Pemdes Tarunaja Minta Satker Waduk Bijak

SUMEDANGEKSPRES.COM – Sempat terendam air Waduk Jatigede, rencannya pemukiman Blok Pasirkanaga Dusun Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, akan dibebaskan pihak Satker Waduk Jatigede. Namun, perlu ada kebijakan dari pihak terkait untuk melakukan pembebasan pemukiman itu.

Sebab di Blok Pasirkanaga tepatnya wilayah RW 04, ada dua RT yang sempat terendam, yakni RT 06 dan 07 RW 04. Namun dari renacana pembebasan, hanya  akan dilakukan di RT 07. Bahkan sangat disayangkan, di RT 07 itu ada empat rumah yang tidak akan terbebaskan, karena berada di atas elepasi 262,5 mdpl.

Baca juga :
TNI/Polri Jaga Kawasan Wisata Jatigede

“Dalam satu RT, menurut persi pengukuran pihak Satker Waduk Jatigede, ada empat rumah yang tidak masuk kedalam elepasi pembebasan lahan,” ucap Kepala Desa Tarunajaya, Eman Sulaeman, kemarin (21/7).

Hal itu sangat disayangkan pihak desa. Sebab sisa empat rumah di RT 07, akan sangat rawan terimbas oleh air waduk. Pihaknya pun menilai, meski rumah tersebut tidak akan tergenangi air, tapi dampak lainnya bisa saja terjadi.

Misalnya ada hewan melata mengganggu kehidupan masyarakat dan dampak lainnya seperti abrasi. “Saya rasa perlu ada kebijakan pihak terkait untuk membebaskan empat rumah yang tertinggal itu,” harapnya.

Lebih bagusnya, lanjut kades, semua pemukiman di blok tersebut bisa dibebaskan. Pasalnya, tanah di blok tersebut kurang efektif untuk pemukiman, karena kondisinya labil. “Lebih bagusnya lagi pemukiman itu dibebaskan, karena tanahnya sangat labil, kurang cocok untuk pemukiman,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed