oleh

Hari Ini, Ribuan Karyawan Jalani Swab

Mulai Kerja Seletah Libur PSBB

SUMEDANGEKSPRES.COM – Hari ini, ribuan karyawan dari berbagai industri di kawasan Dwipapuri Cimanggung dan PT Kahatex, akan menjalani swab test oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dan Provinsi Jawa Barat.

Compliance Manager PT Kahatex yang juga Ketua Satuan Tugas Covid-19 PT Kahatex, Tamami mengatakan, pemeriksaan swab test itu untuk mewaspadai karyawannya yang sempat libur akibat pemberlakuan PSBB. Dimana saat ini, sudah aktif bekerja yang dihawatirkan membawa virus ke dalam kawasan pabrik.

“Ya pemeriksaan ini sebagai langkah mewaspadai masih adanya virus korona di sejumlah karyawan. Juga kami melaksanakan intruksi bupati Sumedang untuk melakukan sampling rapid ke sejumlah karyawan,” katanya, kemarin (22/7).

Sebelumnya, Tim Satuan Tugas Covid dan Pemkab Sumedang dibantu unsur TNI/Polri sudah melakukan rapat persiapan akhir pelaksanaan swab test Covid-19 massal oleh Tim PPM Covid -19 Provinsi Jawa Barat, di Lingkungan perusahaan dan karyawan bertempat di PT. Kahatex.

“Rapat persiapan akhir tersebut dihadiri oleh Marsekal Muda TNI Dr. Agus Sudarya, S.H., S.E., M.M., M.Sc., (BNPB RI), Mayjen M. Nakir (BNPB L.O. Provinsi Jawa Barat), Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Sdr. Agus S, Tim PPM Covid – 19 Provinsi Jabar Pimpinan Sdr. WAHYU WIJAYA, Perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Kapolres Sumedang diwakili Kasat Intelkam Akp Kurniawan SH,” ujar Tamami.

Baca juga :

70 Pegawai Klinik Unpad Diperiksa

Adapun rapat persiapan akhir membahas rencana pelaksanaan swab test Covid-19, akan dilaksanakan serentak hari ini (23/7) dimulai pukul 08.00, yang akan dilaksanakan di dua lokasi. “Pertama di PT. Kahatek Jl. Raya Rancaekek Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang dengan sasaran sebanyak 3.000 karyawan (1.200 Karyawan Kahatek + 1.800 Karyawan dari beberapa Perusahaan lain. Kedua di Kawasan Dwipapuri Jarum Super Jl. Raya Rancaekek¬† Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang sebanyak 3.000 Karyawan (terdiri dari 1950 orang Karyawan Perusahaan Kawasan Dwipapuri dan 1.050 orang berasal dari partisipan Industri Kabupaten Sumedang,” jelasnya.

Adapun peserta swab test Covid-19 dengan target seluruhnya 6.000 orang berasal dari 45 perusahaan se-Kabupaten Sumedang terdiri dari PT. Kahatex sebanyak 1.200 orang, partisipan perusahaan sebanyak 1.800 orang (9 perusahaan). Kemudian Kawasan Industri Dwipapuri sebanyak 1.950 orang,  partisipan perusahaan sebanyak 1.050 orang (36 perusahaan).

“Secara teknis pasca pelaksanaan swab test Covid-19 tidak akan ada penutupan perusahaan dan bagi Karyawan yang diketahui positif swab test Covid-19 akan dikembalikan kepada perusahaan masing-masing dengan koordinasi Tim Gugus Tugas Provinsi maupun Tim Gugus Tugas Kabupaten.

“Rapat persiapan akhir tersebut dalam rangka melakukan Pembahasan teknis terkait persiapan pelaksanaan swab test Covid 19 Jawa Barat di Lingkungan Perusahaan tersebut dimana kegiatan swab test Covid-19 secara massal di lingkungan perusahaan merupakan program prioritas dari BNPB Pusat beserta Tim Gugus Covid-19 Provinsi maupun Dinas Kesehatan Provinsi Jabar,” tandasnya. (imn/rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed