oleh

Satu Positif, Pusat Perbelanjaan Ditutup Sementara

SUMEDANGESKPRES.COM – Pasca dijemputnya salah seorang juru parkir di salahsatu tempat perbelanjaan di Sumedang, pemerintah langsung mengambil langkah untuk menutup pusat perbelanjaan itu selama satu minggu kedepan. Hal tersebut, tertuang didalam surat keputusan bupati nomor 443/4017/Huk yang dikeluarkan Rabu 22 Juli 2020, kemarin.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri membenarkan adanya surat keputusan tersebut yang ditanda tangani Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir. “Iya, itu dikarenakan kemarin ada temuan kasus positif Covid-19 setelah sebelumnya dilaksanakan swab test masif dari Dinas Kesehatan,” ujarnya kepada Sumeks.

Selain menutup pusat perbelanjaan, tim gugus tugas juga melakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak fisik dengan pasien EL, 29, yang merupakan seorang juru parkir tempat perbelanjaan di Sumedang itu. “Ada 13 orang yang kami tracking. 9 orang di Sindang Palay Sumedang Selatan dan 4 orang lagi di Cimalaka,” terangnya.

Baca juga :

Petugas Parkir di Kawasan Perbelanjaan Terkonfirmasi Covid-19

Tak hanya itu, lanjut Iwa, pemerintah melalui Dinas Kesehatan, juga terus melakukan screening secara masif di berbagai wilayah Kabupaten Sumedang. “Itu kami lakukan biar cepat dalam melaksanakan pencegahan dan penanganannya. Seperti hari ini juga kami melaksanakan swab di pasar Situraja,” paparnya.

Sementara itu, Iwa menyebutkan, saat ini ada lima pasien kasus Covid-19 yang tengah menjalani isolasi di RSUD Sumedang. Dari kelima orang tersebut, empat orang diantaranya sudah terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan satu orang lainnya masih dinyatakan reaktif. “Yang satunya masih menunggu hasil swab-nya. Tapi kemungkinan yang tiga orang ini juga akan segera pulang, karena kondisinya sudah mulai membaik,” tuturnya.

Sementara itu General Manager Plaza Asia Sumedang, Buddy Indrasakti menyebutkan, penutupan mal sementara akan dilakukan mulai tanggal 23-29 Juli 2020 mendatang. “Tanggal 30 kita mulai buka lagi,” katanya.

Pada saatnya dibuka nanti, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan seperti yang sudah dijalankan selama ini. “Dari kemarin- kemarin juga, Plaza Asia Sumedang ketat menjalankan protokol kesehatan. Baik untuk staf, karyawan maupun pengunjung,” kata Budi menjelaskan.

Disebutkannya, bila setelah dibuka nanti, pengunjung jangan memiliki rasa takut. Karena memang, katanya, sejauh ini protokol kesehatan diterapkan dengan benar. (bay/nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed