oleh

Sejumlah Kementerian Pantau Terus Progres Cisumdawu

SUMEDANGEKSPRES.COM – Beberapa Kementerian termasuk Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, ikut menggenjot progres pembangunan Tol Cisumdawu yang melintas dari Cileunyi Sumedang sampai Dawuan. Sebab sampai saat ini, masih ada kendala dalam pembebasan lahan.

Dikatakan Rahman Hidayat, Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air pada Kementerian Kemaritiman Indonesia, bahwa Kementerian Koordinator Kemaritiman ikut serta dalam progres pembangunan itu. Mengingat, Kementerian PUPR berada dibawah koordinasi Kemenko Maritim.

“Kita mendapat tugas dari Presiden langsung bahwa ada keterlambatan dalam pembangunan Tol Cisumdawu. Harusnya 2021 itu sudah selesai, bahkan harus sudah beroperasi, ini kan belum apa-apa. Makanya, ini sebetulnya bukan mempercepat, tapi kita sudah terlambat,” kata Rahman.

Oleh karena itu, Kementerian Maritim melalui Deputi Infrastruktur Dasar Perkotaan dan Sumber Daya Air, mengecek langsung ke lapangan. Apa saja yang menjadi kendala di proyek tol Cisumdawu itu, termasuk membawa Satker Tol dan panitia pengadaan lahan.

Baca juga :

Uji Klinis Vaksin Covid Dilakukan di Unpad

“Sebetulnya dari segi infrastruktur dan pengerjaan tidak ada masalah. Justru alat berat sudah menunggu, tapi kalau tanahnya belum dibebaskan mau mengerjakan apa,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, beberapa di seksi tol memang masalah pembebasan lahan dengan warga yang belum tergarap. Entah tanah sengketa atau banyaknya rumah hantu.

“Beberapa lahan yang belum dibebaskan yaitu Pabrik PT Catur Kartika Jaya di Cileunyi, Pasar sehat Cileunyi, yang kesabet sepotong namun ingin dibeli semuanya. Kemudian, Tanah Pak Jamaluddin (interpol),” tuturnya.

Kepala Satker Tol Cisumdawu, Yusrizal Kurniawan mengatakan, sebelumnya Menteri ATR memantau kesiapan dan permasalahan pembebasan lahan yang menghambat proses pembangunan. Sebab, dari segi kontruksi tidak ada masalah.

“Kunjungan pa menteri untuk meninjau permasalahan lahan di Tol Cisumdawu, kantor pertanahan (BPN) juga datang. Intinya di Oktober ini diharapkan sudah selesai. Dan target 2021, Tol Cisumdawu sudah bisa digunakan untuk akses ke Cipali dan BIJB,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 komentar

  1. Jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu
    segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach…
    bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan

News Feed