oleh

SMK PPN Cimalaka Siapkan SDM yang Unggul

Banyak Lulusan Terserap di Perusahaan Jepang

Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK PPN), menadi salahsatu dari 17 sekolah terbaik bidang pertanian di Jawa Barat. Dari predikat itu, banyak lulusannya yang menjadi PNS dan bahkan bekerja di Jepang. Apa saja keunggulannya. Berikut liputannya.

AHMAD SOFA, CIMALAKA

SUMEDANGEKSPRES.COMSMK PPN Cimalaka Kabupaten Sumedang, menyiapkan sumber daya manusia (unggul) di bidang pertanian. Terbukti, lulusannya banyak diterima di sejumlah perusahaan di Negara Jepang.

Begitu juga di dalam negeri. Banyak yang diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dan, adapula yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri melalui jalur beasiswa.

“Sekolah pertanian modern yang kembangkan pemerintah mampu mengubah paradigma lulusan sekolah pertanian dengan masa depan suram. Namun yang terjadi sebaliknya, para lulusan mempunyai masa depan yang cerah,” ujar, Kepala SMK PPN Cimalaka, Hj Lilis Mulyati MPd ketika ditemui Sumeks di ruangan kerjanya, kemarin (28/7).

Kepsek yang ramah itu mengatakan juga, SMK PPN Cimalaka, telah berhasil mendapatkan pengakuan dari lembaga internasional dalam kualitas para lulusan. “Bahkan tiga tahun terakhir, puluhan siswa lulusan sekolah ini sudah bekerja di Jepang,” beber dia.

Sekolah ini pun, merupakan satu dari 17 sekolah terbaik bidang pertanian di Jawa Barat. “SMK PPN merupakan sekolah unggulan di bidang pertanian di Jawa barat. Sekolah pertanian modern yang kembangkan  pemerintah,” tutur dia.

Lilis mengatakan, pada 2020-2021, pihaknya menyiapkan program beasiswa pendidikan bagi siswa baru. “Beasiswa terbuka lebar bagus siswa baru di dua jurusan sekolah kami ini. Yakni jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Holtikultura (ATPH) dan Agribisnis Pengelolan Hasil Pertanian (APHP),” terang Lilis.

Program pertanian masuk sekolah yang dicanangkan pemerintah, kata Lilis, salah satu bukti bahwa bidang pertanian di Indonesia masih kekurangan SDM yang handal dan berkualitas. “Lapangan pekerjaan bagi para lulusan masih terbuka lebar. Terlebih pemerintah melalui kementerian pertanian telah menyiapkan banyak program yang tentunya membutuhkan SDM pertanian yang sangat banyak,” beber dia.

Bahkan, kata dia, lapangan pekerjaan lulusan SMK Pertanian tidak hanya terfokus pada bidang pertanian saja. “Kami banyak berkerjasama dengan berbagi perusahan dan instansi serta perguruan tinggi. “Kami menyiapkan lulusan untuk siap bekerja ataupun melakukan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” ujar Lilis.

Berbeda dengan sekolah lain yang setingkat, kaya Lilis, peluang jadi PNS dengan menggunakan ijazah SMK PP termasuk PP Negeri Sumedang, lebih terbuka lebar. Misalnya saja untuk posisi penyuluh, tenaga harian lapangan dan lain sebagainya.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum Dede Sulaeman SP mengatakan, sekolahnya memiliki program unggulan akademik. Yakni, mempertahankan kejuaraan LKS tingkat provinsi, sebagai juara satu,” tambah Dede. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed