oleh

Kampung Tohaga Lodaya Cipacing Diresmikan

SDM Unggul Potensi Baik

SUMEDANGEKSPRES.COM – Upaya mewujudkan kampung ketahanan pangan, Kampung Tohaga Lodaya Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor, diresmikan Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar bersama unsur Forkopimcam, kemarin (29/7).

Pjs Kepala Desa Cipacing Ruyani SPd mengatakan, kampung tohaga itu terbentuk atas inisiasi warga dan beberapa pelaku UMKM di Desa Cipacing. Sebab, sumber daya yang unggul dan potensi kreativitas warga Cipacing, sangat baik.

“Ada 9 bidang yang diunggulkan sesuai dengan kriteria dan UMKM yang ada. Yakni Pertanian Hidroponik di Dusun Bojong RW 15, Sentra Senapan Angin di RW 2, RW 3, RW 4, RW 9 dan RW13, dan Sentra Layang-layang di RW 7, RW 9 dan RW 16,” katanya.

Kemudian, Pengrajin Pisau tradisional di RW 7 dan RW 8, Sentra Kerajinan Tangan (panahan, lukisan, sumpit, tanimar) di RW 1 dan RW 5, serta Sentra Meubeler di RW 6 dan RW 15. Lalu, ada lembur disiplin Tohaga Lodaya Tolak Covid-19 di Perumahan Bumi Cipacing Permai RW 17. Sentra Konveksi Tohaga di RW9, RW 10, RW11, RW16 dan Kampung KB di RW 08.

Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar mengapresiasi sekali pembentukan Kampung Tohaga Lodaya Desa Cipacing tersebut. Sebab, selain asli hasil karya masyarakat, juga sebagai daya tarik wisata ke wisatawan.

“Selain perkebunan sebagai ketahanan pangannya, juga UMKM-nya ada. Berharap bisa menggairahkan kembali sentra kerajinan Cipacing yang sempat mendunia. Dan Kampung Tohaga ini akan mewakili Jatinangor di tingkat Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Cipacing Kreatif, Hendrik Andiyana mengatakan, bahwa Kampung Tohaga Lodaya Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor itu memang atas inisiasi warga dan para pemuda yang sehari-hari terlibat dalam UMKM dan potensi Cipacing. Seperti kelompok pemuda di RW 15 Kawasan Hidroponik dan Pasir Luhur yang kreatif melukis dan membuat kerajinan tangan.

“Kita wadahi mereka kita fasilitas agar bakat dan kemampuannya tersalurkan. Mudah-mudahan Kampung Tohaga Lodaya Desa Cipacing ini mendapat apresiasi dari Pemkab Sumedang,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed