oleh

Nyaris Roboh, Warga Antusias Perbaiki Rutilahu

SUMEDANGEKSPRES.COM – Antusiasme gotong royong warga Kampung Pasirkanaga Dusun Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, untuk perbaiki rumah tidak layak huni, cukup tinggi. Hal itu terlihat dalam perbaikan rumah milik Wahyu, yang sudah tidak layak ditempati.

Kondisi rumah itu, sudah nyaris roboh. Bahkan Wahyu dan anak istrinya, memilih meninggalkan rumah tersebut dan mengungsi ke rumah saudaranya yang masih ada di lingkungan kampung tersebut.

Beruntung, Wahyu mendapat bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang. Meski nilai bantuan tersebut masih jauh dari target kebutuhan untuk perbaikan rumah, pemerintah desa dan warga, berupaya keras untuk menerapkan bantuan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kita optimis, dengan memperkuat swadaya masyarakatnya, rumah Wahyu bisa selesai dengan maksimal,” kata Kepala kewilayahan Dusun Ciduging, Koswara.

Dia menyebutkan, kalaupun anggaran yang saat ini ada tidak bisa memaksimalkan perbaikan rumah Wahyu, pihaknya berharap bisa ada bantuan dari sumber lainnya. “Mungkin kalau untuk tenaga, warga siap melaksanakannya. Tapi kalau misalkan bahan bangunannya tidak bisa memaksimalkan pembangunan ini, kita targetkan minimal sampai terpasang genteng dulu,” ujar dia.

Pihaknya pun, berterima kasih kepada Baznas Sumedang. Selama ini, sudah ada beberapa rumah tidak layak huni yang dibantu Baznas. Menurutnya, peran Baznas Sumedang sangat dirasakan oleh masyarakat. “Baznas memang luar biasa, kami sangat terbantu oleh program-programnya selama ini,” tukasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed