oleh

Pemkab Sediakan Lahan untuk Gedung Baru

SUMEDANGEKSPRES.COM, KOTA – Pemkab Sumedang mendukung penuh keberadaan Prodi Industri Pariwisata di UPI Kampus Sumedang. Salah satunya, dengan menyiapkan lahan untuk penambahan infrastruktur prodi tersebut.
Lahan sekitar 5.000 meter persegi itu, berada di Desa Licin Kecamatan Cimalaka atau tetap berada di depan kampus 2 Gedung Prodi Keperawatan.
“Alhamdulillah, Pemkab Sumedang memberikan hibah lahan atau tepatnya status awal itu, adalah pinjam pakai. kemudian, setelah dua tahun berubah statusnya menjadi hibah,” ujar Direktur UPI Kampus Sumedang Prof Dr Herman Subarjah MSi didampingi Ketua Prodi Industri Pariwisata Oman Sukirman SE MM kepada Sumeks, baru-baru ini.
Oman mengatakan, untuk gedung prodi Industri Pariwisata, sesuai master plan lokasinya berada di kampus 2. Namun demikian, proses belajar mengajar juga akan dilakukan di kampus 1. “Misalnya, penggunaan laboratorium digital dan smartclass yang memang berada di kampus 1,” ujar Oman.
Dan, sesuai arahan Kemendikbud kemudian dari pimpinan UPI, pada masa Covid saat ini yang dicanangkan adalah smart campus, smart class dan digital learning. “Jadi lebih mengedepankan secara teknis berbasis digital. Pembelajaran jarak jauh berbasis video, tugas tugas terstrukturnya berbasis digital juga. Jadi tidak masalah dengan covid bahkan sangat mungkin lebih berkualitas meskipun tidak ketemu langsung, tetapi konten pembelajaran dapat diserap dengan mudah oleh mahasiswa secara keilmuan,” beber dia.
Terkait, keberadaan prodi baru ini, Oman mengatakan, kelebihannya ada persentasi praktik di lapangan. Jadi, para mahasiswa memiliki kesempatan menjadikan kabupaten Sumedang ini, menjadi laboratorium pariwisata. “Ada jatigede atau di air terjun atau gunung dan sungai, itu menjadi laboratorium pariwisata jadi sangat memungkinkan mahasiswa untuk ketemu langsung di lapangan dan praktiknya di destinasi wisata,” terang dia.
Selain itu, para lulusan kedepannya akan cepat dikirim di dunia kerja karena Pemda sendiri membutuhkan SDM pariwisata. “Apalagi sekarang sedang gencar dibangun lokasi pariwisata baru. Siapa yang mengelola? itu bisa berkontribusi positif,” kata dia.
Sementara itu, Wakil Direktur UPI Kampus Sumedang Dr Maulana SPd MPd mengatakan, UPI Kampus Sumedang yang sudah memiliki prodi keperawatan, memang kebanyakan perawat di RSUD Sumedang, lulusan dari keperawatan UPI kampus Sumedang.
“Nah sekarang ketika Pemkab Sumedang ingin membuat geliat yang luar biasa di bidang pariwisata maka tentu saja SDM-SDM yang dibutuhkan itu, orang-orang yang handal dan tentunya terdidik dengan baik well-educated itu ya,” tambah Maulana. (ahm/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed