oleh

Jambore Tahun Ini Ditiadakan

Kak Erwan: Kedepankan Kegiatan Sosial

SUMEDANGEKSPRES.COM, KOTA – Akibat pandemi Covid-19, HUT Pramuka ke-59 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus mendatang, akan dilaksanakan sesederhana mungkin. Bahkan Ketua Kwarcab Pramuka Sumedang Kak H Erwan Setiawan mengimbau kepada Kwaran dan Gugus Depan (Gudep) agar melaksanakannya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Dalam perayaan HUT nanti, kami lebih mengedepankan kegiatan sosial kemasyarakat dibanding acara seremonial yang kira-kira beresiko. Dengan alasan harus berhati-hati,” kata Erwan kepada Sumeks usai menggelar rapat Rapat Kerja Cabang (Rekercab) di Kantor Sekretariat Kwarcab Sumedang, Kamis (6/8).

Sebelum hari H atau tanggal 12 Agustus, kata Erwan, dilakukan ziarah kubur ke makam leluhur atau tokoh Pramuka Sumedang. “Tanggal  13-nya, pengucapan Ulang Janji Pramuka, tanggal 14 melaksanakan  upacara secara virtual daring di Kwarcab, Kawaran dan Gugus Depan masing-masing,” tuturnya. 

Sementara untuk kegiatan Jambore atau Raimuna, ditiadakan untuk tahun ini. “Mudah-mudahan tahun depan bisa kita laksanakan seperti sedia kala,” katanya.

Dikatakan Erwan, berdasarkan kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan daerah serta kebijakan Kwartir Nasional dan Kwartir Daerah, kegiatan-kegiatan yang berskala besar dibatasi penyelenggaraannya.

“Sejalan dengan kebijakan di bidang pendidikan, dimana pembelajaran yang awalnya di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh, maka kegiatan di gugus depan pun tidak bisa dilakukan secara langsung tatap muka,” ujarnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, skala prioritas program kerja Kwartir Cabang Sumedang pada Tahun 2020, diarahkan kepada penguatan daya dukung Sekretariat Kwarcab Sumedang, yang dikoordinasikan Ketua Harian dan Sekretaris juga Bendahara Kwarcab Sumedang. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed