oleh

Gara-gara Pandemi, Omzet Penjual Bendera Menurun

SUMEDANGESKPRES.COM, TANJUNGSARI – Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Tahun 2020, sejumlah pedagang bendera dan umbul-umbul dadakan, mulai bermunculan di beberapa ruas jalan Tanjungsari dan Jatinangor, Kamis (6/8).

Sayangnya, omzet pedagang bendera tahun ini, sedikit menurun dibanding tahun sebelumnya. Disamping karena dampak pandemi, tidak adanya pesta kemerdekaan di beberapa daerah, juga menyebabkan omzet penjualan bendera melemah.

Salah seorang pedagang bendera asal Kecamatan Tarogong Kabupaten Garut, Agus Permana mengatakan, setiap tahunnya, dia selalu berjualan bendera atau umbul-umbul jelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Namun tahun ini, terbilang sepi jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Biasanya seminggu sebelum 17 Agustus, permintaan selalu ramai. Bahkan sudah habis lusinan bendera. Ini, laku dua juga sulit,” katanya saat ditemui Sumeks di Jalan Raya Bandung Sumedang Kampung Ciromed Kecamatan Tanjungsari, kemarin (6/8).

Agus yang keseharianya merupakan tukang sol sepatu ini mengaku, bendera dan umbul-umbul yang dia jual, didapat dari temanya di Garut dan Cikoneng, Ciamis. Menurutnya, penjualan bendera tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini sepi pembeli setiap harinya, berbeda dengan tahun sebelumnya yang lumayan ramai.

“Tadinya saya menjual bendera dan umbul-umbul ini untuk tambahan penghasilan. Namun tahun ini sudah beberapa hari jualan, baru terjual hanya 3 bendera dan 2 umbul-umbul saja,” tuturnya.

Agus menambahkan, harga bendera dan umbul-umbul yang dijual, tidak ada kenaikan harga jual, semuanya hampir sama dengan harga tahun sebelumnya. Untuk harga bendera dengan ukuran 90 cm x 60 cm, dijual dengan harga Rp17 ribu, ukuran 110 cm x 1,5 m dijual dengan harga Rp50 ribu. Sedangkan untuk umbul-umbul dengan ukuran panjang 3 meter dengan harga Rp 35 ribu sampai 45 ribu rupiah.

“Untuk harga relatif sih, yang membedakannya hanya ukuran dan motifnya saja. Yang paling mahal ada umbul-umbul dengan ukuran 6 meter seharga Rp 110 ribu. Ya berharap, mudah-mudahan semuanya bisa laku terjual,” pungkasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

News Feed