oleh

Positif Covid Akan Meningkat Signifikan

Konsekuensi Swab Test Masif

SUMEDANGEKSPRES.COM, KOTA – Sekretaris Komisi III DPRD Sumedang, dr Iwan Nugraha mengaku sangat prihatin dengan bertambahnya kembali yang positif Covid-19 confirmed di Kabupaten Sumedang. Walaupun sebenarnya hal itu merupakan konsekuensi dari pemeriksaan swab test yang masif.

Menurutnya, hal itu tentunya akan menimbulkan kemungkinan terjadi peningkatan angka positif yang signifikan. “Tapi saya kira ini lebih baik. Karena, kita menjadi tahu sebaran virus ini lebih riil. Memang harus mengambil langkah seperti itu kalau memang mau memerangi pandemi ini,” ujar Iwan saat berbincang dengan Sumedang Ekspres, Minggu (9/8).

Adanya beberapa tenaga medis yang terpapar, ditanggapi Iwan. Menurutnya, hal itu menjadi salahsatu konsekuensi terbesar. Di saat seperti ini, tenaga medis tidak mungkin tidak melayani masyarakat. “Dengan terjadinya interaksi sosial, ini tentu memperbesar resiko terpapar bagi tenaga medis,” tegasnya.

Seharusnya, jelas Iwan, dengan protokol yang diterapkan di fasilitas-fasilitas kesehatan, akan memperkecil resiko penyebaran. Namun di lapangan tidak semudah itu. Banyak faktor yang menyebabkan resiko penularan di lapangan. “Bisa human error dan keterbatasan sarana prasarana, termasuk kedisiplinan masyarakat juga masih harus ditingkatkan,” jelasnya

Terkait adanya beberapa tenaga medis yang melakukan isolasi mandiri di rumah, Iwan menjelaskan. Idealnya warga yang terpapar Covid-19 memang diisolasi di tempat khusus. Hanya saja sampai saat ini pemkab belum memiliki fasilitas memadai untuk itu. Sehingga, alternatifnya isolasi mandiri.

“Kalau untuk tenaga medis saya kira masih lebih baik, karena setidaknya mereka memiliki wawasan dasar kesehatan. Tapi, bagaimana kalau masyarakat umum di isolasi mandiri? Ini yang berpotensi menjadi masalah lebih besar,” paparnya.

Karena itu, kata Iwan, kiranya pemda harus menyiapkan tempat isolasi. Apalagi kalau hasil tes swab kedepan menunjukan angka yang semakin signifikan “Yang jelas, momentum ini membuat kita semua, baik tenaga medis atau masyarakat umum harus menjadi penyadaran bahwa pandemi ini belum selesai. Mari sama-sama meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed