oleh

Cisitu Lahirkan Lagi Kampung Tohaga

Pekarangan Rumah dan Lingkungan Jadi Ladang Ketahanan Pangan

SUMEDANGESKPRES.COM – Launching kampung tohaga kedua di Kecamatan Cisitu, menjadi bukti semakin meluasnya masyarakat yang mampu memperkuat ketahanan pangan. Dimana, setelah Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, kali ini Desa Sundamekar muncul menjadi salahsatu desa yang tangguh dari segi pangan, keamanan, ketertiban dan kepeduliannya untuk melawan Covid-19, terutama di Dusun Cimara.

Kapolsek Cisitu, Iptu Awang Munggardijaya,S.H menegaskan, pihaknya menargetkan untuk memunculkan kampung tohaga/tangguh di setiap desa yang ada di Kecamatan Cisitu. “Kita yakin, di setiap desa yang ada di Kecamatan Cisitu akan dimunculkan kampung tohaga/tangguh,” katanya.

Menurut kapolsek, hal itu didasari banyaknya potensi yang bisa digali dan terlihatnya kreatifitas masyarakat Kecamatan Cisitu, dalam memperkuat ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Antusiasme masyarakat Cisitu untuk memanfaatkan potensi yang ada seperti pekarangan rumah dan lingkungan untuk dijadikan sesuatu yang bisa memperkuat ketahanan pangan, itu sangat bagus,” ujar Iptu Awang.

Dia mencontohkan, seperti Dusun Cimara, banyak sekali produk hasil olahan masyarakat, mulai dari kerajinan tangan berbentuk benda yang unik, sampai olahan kuliner. Semua itu, hanya memanfaatkan bahan baku dari lingkungan sekitar. “Saya bangga kepada masyarakat Dusun Cimara, mereka mampu memproduksi beragam olahan, yang bahan bakunya dari lingkungan sekitar saja,” ucapnya.

Pjs Kepala Desa Sundamekar, Eman S.E menyebutkan, yang paling menarik dari hasil produk masyarakat, yaitu adanya niat dan optimisme yang kuat. Kelompok perikanan di dusun tersebut, akan menciptakan budidaya ikan tagih.

Menurutnya, kadar air yang cukup dingin merupakan modal utama bagi mereka untuk bisa mewujudkan budidaya ikan tersebut. Sedangkan, budidaya ikan tersebut masih terbilang langka. “Mudah-mudahan ini bisa terwujud dan di Sundamekar ini bisa jadi sentral ikan tagih, dengan begitu perekonomian masyarakat akan cepat pesat,” ungkapnya. (eri/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

News Feed