oleh

Meski Terpencil, Cimarga Layak Jadi Kampung Tohaga Lodaya

Kreatifitas Bertani Tidak Kalah dengan Kota

SUMEDANGEKSPRES.COM, CISITU – Meski berada di daerah terpencil, Desa Cimarga Kecamatan Cisitu, menyimpan potensi besar untuk memperkuat ketahanan pangan. Cimarga masuk dalam kategori Kampung Tohaga Lodaya.

Dilihat dari berbagai sisi, desa yang letak geografisnya berada jauh dari pusat kota ini, masyarakatnya punya keunggulan dalam bidang pertanian. Kreatifitas bertaninya, tidak kalah dengan petani-petani yang berada di pinggir perkotaan yang ditunjang banyak fasilitas.

Kapolsek Cisitu, Iptu Awang Munggardijaya, S.H menyebutkan, banyak hasil kebun yang dihasilkan di Cimarga. Mulai dari jenis buah-buahan sampai umbi-umbian. Selain itu, hasil kerajinan dan olahan makanannya, juga beraneka macam. “Melihat kondisi Desa Cimarga, memang layak jadi salahsatu desa yang terdapat Kampung Tangguh,” katanya.

Baca juga :
Cisitu Lahirkan Lagi Kampung Tohaga

Selain itu, hasil perkebunan di Desa Cimarga cukup bisa diandalkan. Apalagi di desa tersebut terdapat perkebunan kopi yang cukup luas. Bahkan, Cimarga sudah terkenal dengan kopinya. “Cimarga juga merupakan satu-satunya sentral kopi di Kecamatan Cisitu,” ucapnya.

Menurutnya, kopi cukup bisa diandalkan untuk menunjang perekonomian masyarakat. Sebab, pemasaran kopi untuk saat ini tidak lagi sulit. Pehobi kopi pun, saat ini cukup tinggi dan bahkan kopi bisa dikatakan kebutuhan pokok. “Kopi memang cukup menjanjikan untuk pengembangan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Di tempat sama, Pjs Kepala Desa Cimarga, Muklis Mulyana menyebutkan, kekayaan alam di suatu tempat, hanya akan terlihat dan bisa dirasakan manfaatnya, jika kreatifitas masyarakatnya di bidang pengolahan lahan, bagus.

Baca juga :
Kampung Tohaga Lodaya Cipacing Diresmikan

“Saya yakin, kalau kreatifitas masyarakatnya bagus dalam bidang pertanian, maka akan muncul beragam produk unggulan yang bisa diandalkan untuk menunjang ketahanan pangan, termasuk Cimarga ini,” katanya.

Selain itu, Desa Cimarga tidak hanya tangguh dari segi pertanian saja. Tapi desa tersebut juga tangguh dalam bidang kemanan dan gotong royong. “Kita juga terus mempertahankan keamanan dan menjungjung tinggi gotong royong,” ujarnya.

Tak hanya itu, Desa Cimarga juga memiliki nuansa alam yang khas, udara yang sejuk dan segar, serta memikat banyak wisatawan untuk berkunjung. “Kita juga memiliki wisata alam, seperti wisata Curug Cihonje dan Situs Tadjimalela (Gunung Lingga) sebagai wisata religinya,” tuturnya. (eri/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed