oleh

Desa Pajagan Dinobatkan Jadi Kampung Tohaga Lodaya

Banyak Produk Unggulan dan Hasil Bumi

SUMEDANGESKPRES.COM, CISITU – Pemerintah Desa Pajagan Kecamatan Cisitu, memberdayakan masyarakatnya melalui program kerajinan tangan. Banyak warga yang sudah menguasai produksi tas dan kerajinan tangan lainnya, hingga mampu mendongkrak perekonomian.

Kepala Desa Pajagan, Rohaetin menyebutkan, berbagai produk unggulan muncul di desa yang dipimpinnya itu. Hal itu didasari adanya kreatifitas masyarakat yang diberdayakan pihak desa.

Dikatakan, pihaknya bersyukur, Desa Pajagan masuk dalam kategori Kampung Tohaga Lodaya atau Kampung Tangguh. Dan dalam kesempatan launching Kampung Tohaga, antusiasme masyarakat baik dari kelompok maupun perorangan untuk menampilkan produk unggulan hasil karyanya.

“Alhamdulilah, kita dipercaya jadi salahsatu desa yang memiliki Kampung Tohaga,” kata kades di sela launching Kampung Tohaga Desa Pajagan, Jumat (21/8).

Baca juga :
Meski Terpencil, Cimarga Layak Jadi Kampung Tohaga Lodaya

Pihaknya berharap, produk unggulan yang selama ini diproduksi warga, diharapkan mendapat dukungan bantuan dari pihak terkait, agar perkembangannya bisa semakin pesat, dan pemasarannya bisa sampai ke luar daerah.

“Memang untuk saat ini, pemasaran produk kita masih lesu. Tapi kita akan kerjasamakan dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” katanya.

Di tempat sama, Kapolsek Cisitu, Iptu Awang Munggardijaya,S.H menilai, dilihat dari berbagai sisi, Desa Pajagan memang layak untuk dijadikan Kampung Tohaga Lodaya. Pasalnya, masyarakatnya masih bisa hidup layak meski ditengah pandemi seperti ini. Hasil bumi yang dihasilkan, cukup melimpah dan bisa diandalkan.

“Kita lihat, hasil buminya cukup banyak dan kerajinannya juga bisa diandalkan mendongkar perekonomian. Jadi kita tetapkan Desa Pajagan jadi Kampung Tohaga Lodaya,” tukasnya. (eri/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed