oleh

Pilkades Tunggu Perintah Mendagri

SUMEDANGEKSPRES.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Dan  Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman menyebutkan, Pilkades akan digelar setelah Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),” katanya kepada Sumeks, Selasa (1/9).

Menurutnya, surat edaran tersebut merupakan jawaban Kemendagri, atas permintaan Pemkab Sumedang, yang ingin melaksanakan Pilkades pada bulan November 2020 lalu.

“Rencana ke depan sesuai dengan arahan Pak Bupati, kami akan melaksanakan Pilkdes serentak ini tidak keluar dari tahun 2020,” ucapnya.

Karena jika dilaksanakan pada 2021 nanti, tentunya akan berbarengan dengan desa lain, yang melaksanakan Pilkades di 2021. “Yang sekarang saja jumlahnya 88 desa ditambah pada 2021 ada 89 desa. Jadi kalau disatukan di 2021, betapa banyaknya,” terang Endah.

Ada beberapa pertimbangan bupati, kata Endah, pelaksanaan Pilkades serentak dilaksanakan tidak sampai keluar dari 2020 ini, di antaranya calon Kepala Desa sudah terlalu lama terombang-ambing tanpa kepastian. “Jika terpaksa harus dilaksanakan di tahun 2021, maka akan semakin panjang penantian mereka (calon kepala desa). Karena tidak mungkin dilaksanakan pada Januari atau Februari,” tuturnya.

Disebutkan, pelaksanaan Pilkades serentak seluruhnya didanai APBD Sumedang sebesar Rp 5 miliar ditambah anggaran AKB Covid sebesar Rp 2 miliar. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed