oleh

BPKN Resmikan LBH Konsumen Indonesia Cabang Sumedang

Warga Harus Paham UU Perlindungan Konsumen

SUMEDANGEKSPES.COM , RANCAKALONG – Komisioner Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI, Dr Firman Turmantara E. S.H, S. Sos, M. Hum, menggelar pembukaan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Konsumen Indonesia perwakilan Sumedang, Rabu (2/9), di Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang.

Firman menjelaskan, selain menyambut hari pelanggan nasional, kegiatan tersebut juga merupakan langkah konkrit dari BPKN untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen.

“Ini salah satu bentuk kepedulian BPKN dalam melakukan suatu kegiatan. Salah satunya sosialisasi tentang undang-undang no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen yang telah ada sejak 21 tahun lalu,” ujarnya kepada sumeks.

Baca juga :
Hoax!! Mantri Sunat Ecek Dikabarkan Meninggal

Firman menerangkan, LBH Konsumen Indonesia perwakilan Sumedang didirikan untuk membantu konsumen dalam menyelesaikan permasalahan dengan pelaku usaha.

“Ketika konsumen dengan pelaku usaha tidak selesai di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), itu bisa dilanjutkan ke pengadilan. Dan itu perlu lembaga hukum, nah nanti kita siap bantu,” terangnya.

Di Provinsi Jawa Barat sendiri, lanjut Firman, saat ini LBH Konsumen Indonesia sudah memiliki 4 perwakilan atau cabang. Diantaranya di Karawang, Purwakarta, Banjar dan Sumedang.

“Untuk Sumedang sekarang kita resmikan. Melalui LBH ini relatif lebih mudah dan murah dibanding lawyer yang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai mitra kerja, H Ecek Karyana berharap agar masyarakat dapat memahami tentang undang-undang perlindungan konsumen.

Masyarakat juga harus dapat mengerti tentang hak dan kewajiban konsumen serta tahapan dan tata cara penyelesaian sengketa konsumen di BPSK.

“Tujuannya para konsumen dapat mengerti hak-haknya. Khususnya di bidang hukum kaitan dengan perlindungan konsumen,” tuturnya. (adv/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed