oleh

USAID Madani Siap Ajak OMS Berkolaborasi Dengan Pemerintah

OMS Harus Pantau Kinerja Pemkab

Pemerintah Wajib Jalankan Transparansi

SUMEDANGESKPRES.COM – Organisasi masyarakat sipil (OMS) harus aktif dalam pengawasan roda pemerintahan di Kabupaten Sumedang. Begitu pula, Pemkab harus membuka ruang bagi masyarakat untuk bisa mengakses informasi yang berkaitan dengan program pemerintah.

“Jika ruang partisipasi tidak buka oleh pemerintah kepada Organisasi Masyarakat Sipil  (OMS) dan swasta, maka dikhawatirkan praktik korupsi akan tumbuh berkembang,” ujar Ahmad Salim, Field Coordinator Sumedang USAID Madani, usai acara Desiminasi Program Madani dan Diskusi Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif di kantor Bappeda Kabupaten Sumedang, Kamis (17/9).

“Karena yang dikelola pemerintah itu uang rakyat, kalau tidak ada kontrol sosial pasti ruang korupsi akan tumbuh. Bahkan termasuk sektor swasta, seperti media massa dan perusahaan,” katanya kepada Sumeks.

Baca juga :
Dugaan Kasus Korupsi Infrastruktur Seret Empat Tersangka

Kata dia, keberadaan OMS akan menjadi penyeimbang bagi pemerintah sekaligus berfungsi sebagai kontrol sosial. “Demokrasi unsurnya ada pemerintah, masyarakat dan swasta,” sebutnya.

Dengan catatan, OMS harus memiliki legalitas formal, independen dan menyuarakan aspirasi masyarakat. “Intinya bekerja untuk kepentingan masyrakat dan memiliki komitmen kuat untuk masyarakat,” tuturnya.

Diakuinya, sejauh ini pemerintah memiliki komitmen kuat serta memberikan ruang seluas-luasnya kepada OMS dan sektor swasta, untuk ikut andil dalam pembangunan.

“Celah ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh OMS, agar bisa jalan berdampingan dengan pemerintah,” katanya.

Bahkan untuk mewujudkan semua itu, USAID Madani akan melakukan berbagai kegiatan peningkatan kapasitas OMS, seperti peningkatan SDM seperti pelatihan-pelatihan, loka karya dan lain sebagainya.

“Kita paham betul kondisi saat ini, makanya diperlukan langkah-langkah penting tentang hal ini, agar pemerintah dan masyarakat bisa tumbuh kepercayaan terhadap OMS,” katanya.

Seiring dengan meningkatnya kapasitas OMS, maka USAID Madani siap memasilitasi ke Pemerintah Daerah, agar bisa berkolaborasi, sehingga legitimasi akan tumbuh dari pemerintah kepada OMS tersebut. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed