oleh

Angin Kencang Bahayakan Nelayan

SUMEDANGEKSPRES.COM , DARMARAJA – Angin kencang kerap terjadi di hamparan dan pesisir Waduk Jatigede. Setelah adanya waduk tersebut, angin di sekitaran wilayah penyangga terbilang semakin kencang. 

Prediksi warga, angin kencang disebabkan karena banyak pohon yang hilang akibat genangan air Waduk Jatigede. Angin kencang sudah beberapa kali terjadi pada awal musim hujan tahun ini. 

Menurut keterangan salah satu warga sekitar waduk, Jana, angin kencang biasa terjadi pada musim kemarau, itu jadi salah satu kendala para nelayan.

“Kita harus waspada dengan angin kencang yang sering datang di sekitar waduk,” kata dia.

Hal itu, cukup membuat resah warga. Pasalnya, di sekitar waduk sering digunakan untuk berbagai aktivitas warga seperti mancing ikan, menjala ikan sampai berbagai aktivitas di daratnya.

“Kita merasa resah, saat sedang aktivitas di sekitar waduk tersebut, apalagi kalau langit terlihat kehitam-hitaman,” katanya.

Belum lama ini, sempat terjadi angin kencang di sekitar waduk, sampai membuat warga yang tengah beraktivitas panik melihat amukan angin tersebut. “Beberapa hari kebelakang, ada angin yang sangat kencang di waduk tersebut,” katanya.

Kadang, meski di pemukiman anginnya tidak terlalu kencang, tapi kalau di waduk, angin tetap saja kencang.

Kepala Desa Tarunajaya, Eman Sulaeman, mengimbau, warga harus bergegas menghentikan aktivitasnya di waduk ketika ada gejala akan terjadinya angin kencang.

“Warga harus segera mengamankan diri kalau terlihat sudah ada gejala akan datang angin kencang,” kata dia.

Diakui dia, warganya banyak yang beraktivitas di sekitaran waduk tersebut. Sebab itu, Kata dia, warga yang hendak mencari ikan yang ditanam di waduk tersebut, harus pandai melihat situasi dan kondisi alam. 

“Jika memang tidak memungkinkan, seharusnya warga mengurungkan niatnya untuk menangkap ikan. Kita jangan ceroboh, karena sudah banyak korban yang celaka di ari waduk karena dampak dari keteledoran,” kata dia. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed