oleh

Kopi Gugels, Citarasa Kopi Asli

SUMEDANGEKSPRES.COM , JATINANGOR – Bagi penikmat kopi, kopi Gugels hasil produk petani kopi di Kaki Gunung Geulis Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor memang tidak diragukan lagi. Sebab, selain dari biji kopi pilihan, proses pengemasan dan pengolahan kopi juga sudah mendapat lisensi dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung. 

Ketua Kelompok Tani Forum Komunikasi Petani Gunung Geulis, Saepudin mengatakan kopi Gugels merupakan kopi dengan biji pilihan yang berkualitas tinggi dan pengolahan pun memperhatikan lisensi dari ITB. Sehingga, benar-benar terjamin kebersihan dan keamanannya. Selain itu, Kopi Gugels memang dikhususkan bagi penikmat kopi. 

“Kopi kami dijual Rp35.000 per 50 gram. Sementara yang ukuran 100 gram dijual Rp70.000. Untuk sementara pemasarannya lewat online dan pasang stand di pameran pameran,” katanya. 

Menurut Saepudin, kopi Gugels memiliki cita rasa khas Gunung Geulis, dengan rasa asam pada kopi dan aroma harum khas kopi Indonesia. Sangat cocok disajikan panas apalagi memakai gula aren. 

“Saat ini kendalanya mesin roster (pemanggang). Karena kalau disangrai menggunakan wajan panas, tidak akan rata panasnya. Kalau pakai mesin roster matangnya rata. Untuk sekali roster itu bayarnya Rp30.000 per kg,” ujarnya. 

Tak hanya diolah sebagai kopi, cangkang kopi atau limbah kopinya diolah menjadi pupuk organik bekerja sama dengan SITH-ITB. Bahkan, proses pengemasannya pun dibina oleh SITH-ITB. 

“Produksi saat ini terbatas hanya 50 kg per bulan. Karena kan keterbatasan mesin roster. Kalau lahannya luas sekitar 40 Ha, lahannya milik BKSDA dan lahan Pendidikan ITB,” tandasnya. (imn) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed