oleh

Pelaksanaan Kegiatan FLS2N Tingkat Jawa Barat Dilakukan Secara Virtual

Karawitan SMKN 1 Sumedang Lolos ke Tingkat Nasional

SUMEDANGEKSPRES.COMJurusan Karawitan SMKN 1 Sumedang kembali mendapat kesempatan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMK tahun 2020.

Seniman muda SMKN 1 berhasil mengungguli sekolah lainnya dari 27 kabupaten/kota dalam ajang FLS2N tingkat Provinsi. Karya mereka yang berjudul “Tulung Lutung”, berhasil meraih juara 1 pada gelaran event FLS2N jenjang SMK tingkat Provinsi Jawa Barat  bidang lomba Musik Tradisi Daerah.

Atas prestasi itu, mereka pun berhak mewakili Jawa Barat di ajang tingkat nasional. “Alhamdulillah sudah ada pengumuman bahwa kami (SMKN 1 Sumedang) berhasil memenangkan lomba di tingkat Jabar dan bersiap menjadi wakil Jabar di tingkat nasional,” ujar Adi Kurniawan, Kepala Jurusan Seni Karawitan SMKN 1 Sumedang, Kamis (24/9)

Dikatakan, meski pada tahun ini, pelaksanaan kegiatan FLS2N dilakukan secara virtual, sehingga terasa sangat berbeda. Namun demikian, pihaknya tetap berusaha menjaga semangat berkarya dengan tetap memacu siswanya untuk menampilkan yang terbaik di tengah pandemi ini.

Adi menggambarkan, konsep Tulung Lutung merupakan karya musik komposisi baru yang berakar dari salah satu permainan tradisional anak-anak Sunda jaman dahulu yang di sebut ‘paciwit-ciwit lutung’.

Dari cerita itu kemudian diimplementasikan serta diaktualisasikan dalam bentuk karya musik yang dominan menyajikan alat musik tradisional Sunda. Antara lain, suling, bonang, jenglong, terompet, saron, kecapi dan kendang.

Adi menambahkan, penyajian musikalitas dengan tema Tulung Lutung pada FLS2N tingkat Jabar itu ditampilkan oleh 5 siswa jurusan seni karawitan. Antara lain, Bhisma Raka Nalendra, Fajar S. Maulana, Fikri Ikhsan Nurhakim, Ghany Rizki Maulana dan Ihsan Fauzi.

Dan dibimbing oleh tim para guru seni, diantaranya, Wendi Pancasura, Taufik Candiansyah. “Kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada ibu kepala sekolah Elis Herawati yang selalu memotivasi dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan FLS2N 2020 dan semua keluarga SMKN 1 Sumedang,” ucap Adi.

Kepala Sekolah SMKN 1 Sumedang Elis Herawati mengaku bangga atas perjuangan tim FLS2N yang kembali bisa mewakili Jabar ke tingkat nasional. Karena pada ajang FLS2N 2019 juga tim SMKN 1 menjadi Jabar di tingkat nasional. Bahkan menjadi tim terbaik pada salah satu kategori.

“Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh pihak, semoga trend positif ini tetap berlanjut agar kami mampu memberikan hasil yang maksimal untuk Jawa Barat di tingkat Nasional,” katanya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed