oleh

Perbaikan Irigasi Redam Konflik Petani

Desa Citepok Kecamatan Paseh Gelar Sarasehan Forum Keserasian Sosial

SUMEDANGEKSPRES.COM , PASEH – Pemerintah Desa Citepok Kecamatan Paseh menggelar kegiatan tematik/sarasehan Forum Keserasian Sosial ‘Bangkit’ di ruang rapat Kantor Pemerintah Desa Citepok, Kamis (24/9).

Kegiatan tersebut bertema ‘Mari Membangun Kebersamaan, Keharmonisan dalam Masyarakat Sehat, Aman, Damai dan Sejahtera’.

Kepala Desa Citepok Abdul Majid mengatakan, program Keserasian Sosial diluncurkan oleh Kementrian

Sosial sebagai deteksi dini, pencegahan serta penanganan efektif terhadap potensi potensi yang terjadi di masyarakat.

Menurutnya, Desa Citepok mendapatkan program Keserasian Sosial langsung dari Kementrian Sosial dengan dua desa lainnya di Kabupaten Sumedang, yaitu Desa Cimanintin Kecamatan Jatigede dan Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung.

“Kegiatan sarasehan program Keserasian Sosial dilakukan dengan tujuan meredam potensi konflik di masyarakat dan meningkatkan kembali nilai gotong royong dan kebersamaan,” ujar Majid dalam sambutannya.

Dikatakan, program Keserasian Sosial dibagi dalam dua kegiatan. Yaitu, kegiatan fisik dan nonfisik.

Kata dia, kegiatan nonfisik terdiri dari pembentukan Forum Keserasian Sosial ‘Bangkit’ dan kegiatan sarasehan.

“Sementara untuk kegiatan fisik yaitu pembenahan irigasi yang ada di Desa Citepok. Karena, irigasi merupakan potensi konflik antarpetani saat musim hujan dan kemarau,” jelasnya.

Dijelaskan, dengan pembenahan irigasi diharapkan potensi konflik dapat diredam. Pasalnya, para petani saat musim kemarau akan berebut air dan saat musim hujan para petani tidak mau air masuk ke sawahnya.

“Selain itu, pembenahan irigasi dengan gotong royong akan kembali menghidupkan kembali budaya gotong royong dan meningkatkan kebersamaan diantara masyarakat Desa Citepok,” jelasnya.

Dia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan Dinsos P3A Kabupaten Sumedang merekomendasikan Desa Citepok untuk mendapatkan Program Keserasian Sosial. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Forkopimcam Paseh yang telah mendukung dan membantu Desa Citepok mendapatkan program Keserasian Sosial,” jelasnya.

Majid mengajak masyarakat untuk menyukseskan program Keserasian Sosial. Apabila program Keserasian Sosial sukses, kedepannya akan ada program kearifan lokal.

“Mudah mudahan tahun depan Desa Citepok bisa mendapatkan program kearifan lokal,” harapnya. (atp/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed