oleh

Kecamatan Darmaraja Menjadi Salah Satu Lokasi Wisata Religi di Sumedang

Makam Keramat Datangkan PAD dan Sejahterakan Warga Sekitar

SUMEDANGESKPRES.COM , DARMARAJA – Sejak dulu, wilayah Darmaraja diyakini menjadi tempat bersejarah asal muasal Kabupaten Sumedang. Tidak sedikit, makam maupun makom keramat, berada di wilayah timur Kota Tahu ini. Berikut liputannya.

Wisata ziarah dinilai dapat mendatangkan pendapatan, baik bagi PAD maupun masyarakat setempat. Hal itu sangat dirasakan masyarakat Dusun Cilembu Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja.

“Di wilayah kami ada situs makam keramat leluhur Sumedang, yaitu makam Prabu Lembu Agung. Dari dulu memang makam ini sering dikunjungi peziarah dari berbagai daerah. Dengan banyaknya kunjungan peziarah, memang berkah bagi kami,” ujar pengelola situs Irwan, belum lama ini.

Menurutnya, biasanya peziarah yang datang membutuhkan logistik seperti makanan, minuman bahkan cinderamata. Hal tersebut menguntungkan pedagang lokal di wilayah situs.

“Peziarah juga kadang memberikan uang ke pengelola untuk pemeliharaan lingkungan situs,” ucapnya.

Keuntungan lainnya, kata Irwan, situs makam keramat sering dijadikan tempat acara budaya tradisional oleh seniman dan budayawan. Sehingga, membawa dampak pada terkenalnya situs dan tempat situs berada.

“Jadi wilayah kami terkenal kemana-mana karena selalu ada event yang biasanya selalu mendatangkan orang dari luar daerah,” katanya.

Dia mengakui saat ini peziarah banyak yang datang, terutama diakhir pekan. Mereka berkunjung sekedar berdoa bareng atau biasanya ingin tahu kondisi dan sejarah dari situs-situs yang ada di wilayah makam keramat.

Dari berbagai kegiatan itu, lanjut Irwan, yang bisa dirasakan warga adalah bisa membuka peluang usaha dagang meski dalam skala kecil.

“Ya ke depan inginnya ada yang bisa membuat cinderamata berupa kerajinan atau malah makanan khas Cipembu yang dulunya Cipaku,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed