oleh

UPI Kampus Sumedang Menuju Smart Campus

Lengkapi Fasilitas Digitalisasi dan Komputerisasi

SUMEDANGEKSPRES.COM – UPI Kampus Sumedang mencanangkan terwujudnya ‘Smart Campus’. Untuk itu, segala fasilitas penunjang yang mendukung perkuliahan, terus dilengkapi.

Kasubag Umum dan Perlengkapan UPI Kampus Sumedang Dr Enjang Yusup Ali S Si MKom. mengatakan, pihaknya dan lembaga yang dipercaya di bidang sarana prasarana, sangat konsen mendukung setiap prodi mempunyai sarana prasarana yang mendukung smart campus. Di antaranya, semua harus mempunyai koneksi internet/wifi di setiap ruang kelas/kuliah.

Menurutnya, untuk Prodi PGSD tiap ruangan kelas dibangun fasilitas ruangan lab dalam kelas. Karena untuk sementara, gedung khusus yang fokus menjadi laboratorium masih dalam perencanaan. Di setiap kelas, saat ini dilengkapi laboratorium, baik matematika dan kelompok IPS, IPA serta bahasa dan umum.

“Itu semua mendukung untuk prodi PGSD dan prodi yang lainnya, untuk melengkapi kegiatan-kegiatan pembelajaran di setiap prodi,” ujar Enjang kepada Sumeks, baru-baru ini.

Dikatakan, UPI Kampus Sumedang juga merencanakan membuat ‘smart class room’. Tujuannya, membuat ruangan tersebut multifungsi dan serba bermanfaat. Mulai dari perangkat pendukungnya sudah memenuhi standar untuk smart class dan mendukung smart kampus UPI. Di antaranya dilengkapi perangkat komputer untuk memberikan bahan ajar, multimedia untuk membuat video pembelajaran dan bisa teleconfrence. 

“Jadi semuanya lebih ke arah digitalisasi dan komputerisasi. Sehingga, semua perangkat yang ada di ruangan smart class room UPI Sumedang, mendukung untuk penggunaan teknologi yang sekarang banyak digunakan. Kemudian, mendukung pembelajaran jarak jauh,” jelasnya.

Menurutnya, dengan kondisi lagi pandemi saat ini, UPI Sumedang dengan UPI Kampus Bandung tetap satu arah. Dengan adanya kebijakan itu, setiap kampus, setiap fakultas menyediakan ruangan khusus smart class yang dapat memberikan pelajaran secara daring dengan fasilitas yang bisa digunakan semua dosen dan bisa dinikmati juga oleh semua mahasiswa.

“Mudah-mudahan, tahun ini bisa terlaksana dan bisa digunakan teknologi smart class ini. Smart perangkatnya, smart yang mengunakannya, baik itu dosen, teman-teman operator dan mahasiswa juga,” tuturnya. 

Selain itu, kata dia, juga bisa mendukung pembelajaran dengan via online. Misalnya, ketika ada dosen dan mahasiswa dari luar negeri, bisa berkolaborasi. Sehingga, betul-betul pemanfaatan class room itu bisa mendukung dan searah dengan smart campus UPI.

“Kita bisa mendukung juga apa yang disampaikan Menteri Pendidikan yaitu ‘Kampus Merdeka, Merdeka Belajar’. Diharapkan, bisa berkolaborasi antara ilmu satu dengan lainnya dan terjadilah Kampus Merdeka dan Merdeka belajar. Secara keilmuan, praktik dan konsep, bisa berkolaborasi baik secara nasional dan internasional didukung perangkat yang mumpuni,” tegasnya. 

Dijelaskan, dukungan secara akademik dari UPI Kampus Sumedang bukan hanya diberikan ke Prodi PGSD saja. Pihaknya juga melakukannya untuk Prodi Penjas.

“Untuk Prodi Penjas kita punya Lab Penjas dan lapangan olahraga,” paparnya.

Untuk Prodi Keperawatan, lanjut dia, UPI Sumedang mempunyai laboratorium yang sudah digunakan prodi keperawatan D3 dan S1. Laboratorium itu, sangat representatif dan mendukung kegiatan kegiatan praktikum mahasiswa di Prodi keperawatan. 

Enjang menuturkan, UPI Kampus Sumedang mempunyai fasilitas lab komputer yang secara teknologi dan spesifikasi menggunakan komputer terbaru dengan ruangan ber-AC. Jadi sangat nyaman melakukan kegiatan kegiatan pembelajaran di lab komputer.

“Alhamdulillah, tahun ini UPI Sumedang dipercaya oleh Kementrian Pendidikan untuk melakukan kegiatan UTBK untuk jalur SBNPTN. Dan, kita telah menyiapkan sebanyak empat laboratorium komputer dengan masing-masing lab terdiri dari 25 unit komputer dengan 10 unit cadangan setiap kelasnya. 

“Secara umum penyelenggaraan UTBK yang dilakukan beberapa waktu lalu, tidak ada kendala, aman dan berhasil,” tegasnya.

Selain itu, tanggal 11 September 2020 lalu, UPI Kampus Sumedang kembali dipercaya menjadi tuan rumah try out uji kompetensi keperawatan untuk lulusan D3 secara online. 

“Selain lulusan UPI Sumedang, ada juga yang mengikuti kegiatan try out itu dari lulusan lain, di antaranya dari Majalengka,” paparnya.  

Enjang menegaskan, dirinya bertanggung jawab untuk mengawal dan memperlancar sarana prasarana perkuliahan akademik di UPI Kampus Sumedang. UPI Kampus Sumedang sendiri mempunyai dua kampus Yaitu, Kampus 1 di Jalan Abdurrahman Saleh No 21 Kota Sumedang dan Kampus 2 di Cimalaka.

Menurutnya, mengenai sarana prasarana di UPI Kampus Sumedang, mempunyai tujuh program pendidikan (prodi) yang sekarang sudah berjalan. Hanya satu prodi yang akan menerima mahasiswa baru, yaitu Prodi Profesi Ners. Sedangkan keenam lainnya, yaitu Prodi S1 PGSD, S1 Penjas, S2 Penjas, S1 Keperawatan, D3 Keperawatan dan S1 Industri Pariwisata. “Semua berada di UPI Kampus Sumedang,” tandasnya. (ahm/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed