oleh

BKPSDM Sumedang Tingkatkan Profesionalitas ASN

Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Bupati Dony Ahmad Munir – Wabup Erwan Setiawan

SUMEDANGEKSPRES.COM – Mendukung kinerja 2 tahun Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumedang, mempunyai indikator kinerja utama. Yaitu, penerapan sistem merit dan penerapan indek proposional ASN.

Hal itu disampaikan Kepala BKPSDM Sumedang Drs Endi Ruslan melalui Sekertaris BKPSDM Kusman Diana AP MAP kepada Sumeks, belum lama ini.

Menurutnya, selain itu ada satu lagi program yang merupakan unggulan BKPSDM, yaitu manajemen sumber daya manusia, ‘Talenta’. Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan pada tahun ke-3 masa jabatan Bupati Sumedang dan Wakil Bupati Sumedang. “Mudah mudahan manajemen ‘Talenta’ dapat diterapkan di Sumedang,” tegasnya. 

Dikatakan, manajemen talenta merupakan suatu sistem rekrutmen jabatan pegawai sipil berdasarkan kinerja dan kompetensi. Dimana, kinerja yang selama ini masih ada unsur subjektifitas dalam rekrutmen jabatan.

“Nantinya, dengan menggunakan sistim manajemen ‘Talenta’, ASN yang berkinerja baik dan mempunyai kompetensi baik akan menjadi suksesi dalam penempatan jabatan ASN di Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Dia menuturkan, untuk program-program yang telah dilaksanakan selama 2 tahun, pihaknya telah melaksanakan tes CPNS, mulai dari seleksi kompetensi dasar pada tahun 2019. Serta pada tahun 2020, sebanyak 599 orang yang lulus dalam tes seleksi kompetensi dasar CPNS, mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) di BKN regional Bandung, Jalan Suropati Nomor 10.

“Nanti di akhir Oktober 2020 akan dilihat hasilnya. Formasinya merupakan formasi umum yang terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 125, tenaga kesehatan sebanyak 25 dan tenaga teknis sebanyak 80 formasi. Untuk formasi khusus Disabilitas terdiri dari 4 orang, yaitu 2 tenaga teknik dan 2 tenaga guru. Sementara, yang memperoleh nilai cumlaude ada 2 formasi dari tenaga teknis,” jelasnya.

Kusman berharap, pada tahun ketiga pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang saat ini, pencapaian indek sistem merit dapat meningkat serta propisionalisme ASN di Sumedang lebih baik. Kemudian, terpenting manajemen ‘Talenta’ dalam rangka suksesi kepemimpinan jabatan ASN di Kabupaten Sumedang dapat terwujud,” harapnya.

Kusman juga menuturkan, di BKPSDM Sumedang ada program unggulan berupa inovasi. Yaitu, pelaksanaan resensi kehadiran mobile melalui e-office yang  didalamnya ada absensi mobile berbasis android. Selanjutnya, ada laporan kinerja harian online yang ditunjukan untuk pengawasan atasan terhadap kinerja ASN di bawahnya.

“Apa yang dikerjakan ASN bawahannya bisa di-input melalui e-office. Atasan bisa langsung memantau apa yang dilakukan bawahan. Termasuk, atasan langsung dapat melakukan verifikasi. Artinya, dapat menyetujui atau menolak apa yang dilakukan oleh pegawai unit kerjanya,” jelasnya.

Selain itu, kata Kusman, Pemda Sumedang melalui BKPSDM dalam pencegahan dan penanganan Covid 19 telah meluncurkan/ menggunakan absensi mobile melalui android. Sehingga, tidak ada lagi bersentuhan tangan yang selama ini dilakukan melalui finger print, rawan akan penularan covid 19.

“Dengan absensi android akan lebih mudah tanpa harus bersentuhan dengan ASN lainnya,” pungkasnya. (uya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed