oleh

Puskesmas Cimalaka Jalankan UKM

SUMEDANGEKSPRES.COM, CIMALAKA – Kepala UPTD Puskesmas Cimalaka dr Hendriawan mengatakan, Puskesmas Cimalaka akan melaksanakan program unggulan Upaya Kesadaran Masyarakat (UKM). Terutama, untuk bidang preventif dan promotif. 

“Semua program dan kegiatan yang dilakukan hampir sama di setiap Puskesmas karena merupakan instruksi dari atas. Tapi, yang paling jadi unggulan dan menjadi kewajiban yaitu program Upaya Kesadaran Masyarakat (UKM),” ujar Hendriawan kepada Sumeks, Selasa (29/9).

Dikatakan, di bidang preventif dan promotif terdapat berbagai macam program. Di antaranya promosi kesehatan, kesehatan lingkungan. Pihaknya juga mempunyai program esensial yaitu program kelompok dan UKM, program kesehatan lingkungan, program imunisasi, program kesehatan ibu dan anak dan program pencegahan penyakit.

Ada pula program pengembangan yang lain seperti kesehatan gigi, kesehatan jiwa, kesehatan olahraga, kesehatan indra dan kesehatan tradisional. 

“Semua program program itu memang sudah diwajibkan dan merupakan instruksi dari atas,” tukasnya.

Hendriawan menjelaskan, untuk meningkatkan derajat kesehatan, yang nomor satu dan terpenting adalah masalah preventif dan promotif, peningkatan kesadaran masyarakat. 

Sebab, permasalahan kesehatan hanya ada empat faktor yang mempengaruhi. Yaitu, masalah genetik, masalah pelayanan kesehatan, faktor perilaku dan faktor lingkungan.

Sedangkan, lanjut dia, yang ada di masyarakat adalah masalah perilaku dan lingkungan. Sebanyak 75 persen permasalahan itu ada di masyarakat. 

“Ini harus kita ubah bagaimana caranya perilaku masyarakat yang sebelumnya belum mengarah kepada kesehatan, kita arahkan untuk mereka melakukan perilaku hidup bersih dan sehat,” tegasnya.

Kemudian, masalah lingkungan. Sebesar 45 persen permasalahan kesehatan akan dipengaruhi masalah lingkungan. Misalnya, air bersihnya serta kebersihan lingkungannya.

“Banyak penyakit yang disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang baik,” jelasnya. 

Dia menegaskan, semua itu sedang digarap bagaimana caranya 75 persen masalah kesehatan yang ada di masyarakat diatasi. “Dicegah jangan sampai perilaku dan masalah lingkungan bisa mempengaruhi banyak timbulnya penyakit yang bisa menyebabkan masalah pada masyarakat itu sendiri,” paparnya.

Dikatakan, untuk mencapai peningkatan pengetahuan perilaku dan lingkungan sehat, otomatis pihaknya sebagai petugas kesehatan harus lebih sering turun ke lapangan dan lebih sering menyampaikan pengetahuan pada masyarakat. Agar, mereka bisa mau dan mampu untuk melaksanakan kegiatan mereka sehari hari dalam melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. 

“Kemudian, disamping itu ada upaya kesehatan perorangan. Di Puskesmas Cimalaka ada unit rawat inap dan poned. Kami menerima persalinan dan UGD rawat inap 24 jam. Untuk rawat inap ada 6 bed, Insya Allah kedepannya akan ditambah,” tegasnya.

Sementara, lanjut dia, untuk rawat jalan seperti biasa dilakukan pada jam kerja. 

“Alhamdulillah respon masyarakat sudah baik, mudah mudahan penyakit penyakit yang ringan dan mampu, selama masyarakat percaya pada kami akan dibantu mengatasi permasalahan penyakitnya. Sehingga, tidak perlu dirawat di rumah sakit,” harapnya.

Terutama, kata dia, bagi masyarakat kurang mampu dan tidak mempunyai BPJS bisa dirawat di Puskesmas Cimalaka dan akan dibantu. 

“Dari sisi biaya saya kira tidak mahal karena ada peraturan bupati yang berlaku. Dengan biaya yang murah, kualitas pelayanan ditingkatkan terus sehingga. masyarakat bisa menikmatinya,” tutupnya. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed