oleh

Nasib Kades Masih Menggantung

Agustus Mundur, Pemkab Belum Respons

SUMEDANGESKPRES.COM – Pemkab Sumedang belum bersikap terkait pengunduran diri Kades Margamukti Maman Suparman. Padahal, Maman sudah mengajukan pengunduran diri per Agustus 2020.

Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Sumedang H Nuryadin mengatakan, permohonan pengunduran diri kepala desa Margamukti kini masih dalam proses.

“Jadi tidak serta merta mengajukan pengunduran diri lantas berhenti. Namun, ada mekanisme yang harus ditempuh,” ujar H Nuryadin di kantornya, Rabu (30/9).

Menurutnya, karena SK pengunduran diri jabatan kades Margamukti Sumedang Utara belum turun, maka secara hukum yang bersangkutan statusnya masih kepala Desa Margamukti.

Baca juga :
Kades Beber Tuntutan ke Dewan

“Karena statusnya masih kepala desa maka yang bersangkutan juga masih memiliki hak haknya sebagai kepala desa. Adapun itu mau diambil atau tidak, tergantung yang bersangkutan,” jelasnya.

Nuryadin menjelaskan, agar roda pemerintahan Desa Margamukti tetap berjalan, saat ini pelayanan dilakukan Sekretaris Desa walaupun memang kewenangannya terbatas.

Dijelaskan, sejauh ini pihak DPMD Kabupaten Sumedang memang belum menerima berkas terkait pengunduran diri tersebut.

“Untuk berkas, saat ini masih di proses oleh pihak BPD. Setelah itu diajukan ke kecamatan dan baru masuk ke tingkat kabupaten,” tegasnya.

Dijelaskan, untuk jabatan Kades Margamukti akan berakhir pada November 2021. Jika SK turun sebelum November 2020 maka dilakukan PAW, namun jika lewat November 2020 tidak akan PAW. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed