3 Parpol Diminta Perbaiki Administrasi

3 Parpol Diminta Perbaiki Administrasi

WAWANCARA: Ketua KPU Sumedang Hersa Sentosa bersama Komisioner KPU Elsya Tri Ahaddini diwawancara sejumlah media usai mengadakan pertemuan dengan sejumlah partai politik, kemarin.

PEWARTA: SOBAR/SUMEKS

KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang, menggelar pertemuan dengan partai politik (parpol) dalam membahas hasil penelitian administrasi dokumen persyaratan parpol calon peserta pemilu tahun 2019, kemarin (16/11). Kegiatan tersebut diikuti 19 parpol yang terdiri dari sejumlah parpol lama dan parpol baru.

“Hari ini (kemarin) kami kumpulkan seluruh parpol untuk calon pemilu di 2019. Kami akan berikan hasil kepada 19 parpol. Dan kami juga telah menyampaikan kepada mereka mana yang memenuhi sarat dan mana yang belum,” kata Ketua KPU Sumedang Hersa Sentosa.

Dia menyebutkan, ada tiga partai politik yang harus melakukan perbaikan. Diantaranya Partai Berkarya, Hanura dan Gerindra.

“Ketiga parpol tersebut nantinya harus perbaikan secara administrasi. Karena mereka belum memenuhi jumlah anggota minimalis,” sebut Hersa.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut KPU menekankan agar partai politik yang melakukan perbaikan bisa memanfaatkan masa waktu perbaikan yang diberikan.

“Yang paling ditekankan itu, jumlahnya harus di bawah batas minimal yaitu 1.000 anggota. Ada juga yang TMS (Tidak Memenuhi Syarat) seperti di dalamnya ada anggota PNS, TNI dan Polri. Itu harus segera diperbaiki dan dihapus disipol,” ujarnya.

Hersa juga menginformasikan, KPU akan memberikan masa waktu perbaikan selama dua minggu mulai 18 November hingga 1 Desember 2017.

“Kalau lewat, kami hanya terima saja. Nanti hasilnya, KPU RI yang menentukan lolos tidak lolosnya parpol tersebut ikuti pemilu 2019 nanti,” tuturnya. (bay).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.