oleh

Hidroponik Solusi Bercocok Tanam di Masa Pandemi

SUMEDANGESKPRES.COM Baznas menggandeng UPTD Kawasan Agroteknobis Sumedang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar pelatihan kader penggerak ketahanan pangan bidang hidroponik di Kantor Baznas Sumedang, belum lama ini.

Hal itu dilaksanakan sebagai upaya memenuhi kebutuhan dasar para mustahik zakat.

Wakil Ketua Baznas Sumedang Asep Hamdan mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan yaitu untuk melahirkan kader-kader yang menguasai teori dan praktek ketahanan pangan metode hidroponik.

“Juga terwujudnya budidaya hidroponik sebagai solusi ketahanan pangan di kantung-kantung mustahik,” tutur Asep kepada Sumeks.

Baca juga :
Tak Ada Kartu Tani, Tak Ada Pupuk

Disebutkan, sasaran dari program tersebut adalah remaja mesjid, santri dan jamah majelis taklim.

“Output dari kegiatan ini, terselenggaranya program diklat ketahanan pangan secara terencana berkala dan berkelanjutan,” katanya.

Bahkan, dia mengharapkan terbantunya para mustahik untuk  ketersediaan pangan dalam memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.

“Outcome-nya, dapat tersalurkannya program Sumedang makmur sub program diklat ketahanan pangan bagi mustahik dan terbantunya program pemda dalam bidang ketahanan pangan,” jelasnya.

Di tempat sama, Kepala UPTD KAS I Dewa Putu Sukawirawan menyebutkan, Hidroponik merupakan sebuah metode budidaya tanaman dengan menggunakan medium air. Atau, budidaya tanaman dengan media bukan tanah.

“Ini sangat memungkinkan dilakukan di tempat yang terbatas, bahkan dapat dilakukan di lingkungan kantor atau rumah (home farming),” katanya.

Keuntungan lainnya, lanjut Dewa, bertani tanpa harus kotor, pupuk dan air lebih efesien, mudah dilaksanakan, relatif aman dari serangan hama dan penyakit. Serta, tentunya lebih menguntungkan.

“Hidroponik ini sangat cocok dilaksanakan ditengah-tengah suasana pandemi Covid-19 yang dihimbau banyak diam di rumah,” katanya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed