oleh

KPU Buka Pendaftaran Anggota KPPS

SUMEDANGESKPRES.COM , BANDUNG – KPU Kabupaten Bandung membuka pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pendaftaran akan dimulai pada 7 Oktober 2020 hingga 13 Oktober 2020.

Pendaftaran dilaksanakan di kantor Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa/Kelurahan setempat. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya SP MM kepada wartawan, Senin (5/10)

“Jadi kita akan segera buka pendaftaran calon anggota KPPS ini mulai 7 Oktober. Para calon anggota KPPS yang akan mendaftar wajib memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh panitia rekruitment,” terang Agus.

Syarat tersebut, di antaranya berusia minimal 20 (dua puluh) tahun, berdomisili sesuai wilayah kerja KPPS, berpendidikan minimal SLTA. Selain itu, calon anggota KPPS tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilihan, tidak mempunyai penyakit penyerta (komorbiditas), belum pernah menjabat 2 (dua) kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota KPPS dan bersedia melaksanakan pemeriksaan yang berkaitan dengan Covid-19.

“Di samping persyaratan itu, KPU Kabupaten Bandung telah menyiapkan dokumen-dokumen kelengkapan yang mendukung persyaratan dimaksud untuk dipenuhi oleh calon anggota KPPS,” ujarnya.

Sejumlah surat kelengkapan yang harus diisi adalah formulir pendaftaran, surat pernyataan, dan Daftar Riwayat Hidup. Formulir-formulir tersebut dapat diunduh di laman website KPU Kabupaten Bandung.

KPPS yang akan dibentuk, lanjut Agus, sebanyak sembilan orang untuk tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terdiri dari tujuh orang sebagai anggota KPPS dan dua orang sebagai petugas ketertiban TPS.

Tahapan pembentukan KPPS ini, berlangsung dari 1 Oktober 2020 hingga 23 November 2020. Anggota KPPS yang terpilih akan dilantik pada 23 November 2020 dengan masa kerja selama 30 hari, yaitu hingga 23 Desember 2020.

KPU Kabupaten Bandung berencana merekrut anggota KPPS dengan jumlah total sebanyak 61.884 petugas.

“Oleh karena itu, KPU Kabupaten Bandung sangat  menantikan partisipasi riil dari masyarakat Kabupaten Bandung dengan turut menjadi bagian dari penyelenggara pemilihan, yaitu dengan menjadi anggota KPPS,” pungkasnya. (cr2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed