oleh

Pelaku Seni Minim Dukungan

SUMEDANGESKPRES.COM , DARMARAJA – Eksistensi pelaku seni perlu ditunjang sarana prasarana. Selama ini, kemauan masyarakat di Kecamatan Darmaraja, salah satunya Desa Neglasari, cukup tinggi untuk menjunjung seni tradisional.

Hanya saja eksistensi masyarakat perlu adanya rangsangan dan dorongan dari pihak terkait. Seperti disampaikan salah satu tokoh pelaku seni tradisional juga sekretaris Desa Neglasari, Asep Hendra, belum lama ini.

Menurutnya, saat ini kondisi sarana prasarana untuk fasilitas para pelaku seni tradisional masih kurang memadai. Oleh sebab itu, eksistensi pelaku seni masih belum terlihat kuat, meski antusias masyarakatnya sangat bagus.

Dia menegaskan, untuk eksistensi para pelaku seni saat ini masih terbilang bagus. Namun, pihaknya mengkhawatirkan adanya kikisan semangat untuk para pelaku seni tradisional yang disebabkan oleh kurangnya dukungan dari pihak terkait.

“Bentuk dukungan itu, bisa dengan cara memberdayakan para seniman,” kata dia.

Di desa lainnya, Desa Ranggon juga banyak warga yang masih mempertahankan seni tradisional. Seperti seni pencak silat, celempung karinding dan beberapa seni tarian tradisional. Hal itu menggambarkan, kepedulian masyarakat terhadap kesenian tradisional masih tinggi. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed