oleh

Hari Pertama, Pendaftar Masih Sepi

Syarat Anggota KPPS Cukup Sulit

SUMEDANGESKPRES.COM , SOREANG – Hari pertama pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Cingcin Kecamatan Soreang, masih sepi pendaftar. Hal itu terjadi karena banyaknya persyaratan yang terlalu menyulitkan pihak calon pendaftar.

Ketua RW 14 Iyep Kustiawan mengakui jika syarat jadi KPPS masih sulit. “Memang saat ini tidak terlalu berat tapi ke depannya saya yakin akan ada minta keringanan terkait dengan ijazah dan usia calon KPPS. Makanya saya pernah alami ini sebelumnya, kan mayoritas di kampung mah pendidikannya masih banyak yang SMP. seiring dengan hal itu wajar jika masih kendala,” ujar Iyep.

Dikatakan Iyep, bahwa jumlah hak pilih di RW-nya, ada di dua TPS. jumlah totalnya mencapai 900 hak pilih. “Kami ada dua TPS yakni TPS 30 dan 31. Semoga saja jumlah tersebut tidak menyulitkan kami untuk merekrut calon petugas di KPPS. Kalau tidak sulit kan bisa membantu PPS Desa Cingcin juga,” katanya.

Sementara itu, anggota PPS Desa Cingcin Adi dan Isaq mengakui jika jumlah KPPS di desa Cingcin mencapai 405 petugas yang akan direkrut. Jumlah tersebut, akan ditempatkan di 45 tempat pemungutan suara (TPS) dengan masing-masing petugas sebanyak 9 orang.

“Kami akui dari jumlah tersebut baru 13 calon anggota KPPS yang mengambil formulir pendaftaran. Jumlah tersebut baru sepertiga jumlah keseluruhan KPPS di Desa Cingcin yakni mencapai 45. Mudah-mudahan sesuai dengan waktu yang ditentukan KPU, para pendaftaran dapat terpenuhi seluruhnya,” terang Adi.

Hingga kemarin, calon petugas KPPS di 24 RW sudah diinformasikan agar segera mengambil formulir. Sebab ketentuan yang diberlakukan KPU terkait persyaratan akan disampaikan saat para calon petugas itu mendaftarkan diri.

“Kami masih menunggu karena hari ini tanggal 7 Oktober, merupakan hari pertama pendaftaran dan masih ada enam hari ke depan untuk penerimaan pendaftaran calon KPPS ini,” katanya. (cr2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed