oleh

Pemilih Zona Merah harus Isolasi Mandiri

SUMEDANGESKPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Sumedang akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat pilkades serentak 16 Desember 2020 mendatang. Pilkades tersebut akan melibatkan 88 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Endah Kusyaman mengatakan penerapan protokol secara ketat ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran covid 19 saat pelaksanaan pilkades.

Dijelaskan, bagi hak pilih yang datang dari daerah zona merah diwajibkan datang ke kampung halamannya 20 hari sebelum hari H pelaksanaan pilkades. Selanjutnya harus melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu.

“Dan kalaupun mereka datang di waktu yang kurang dari 20 hari atau datang secara mendadak maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan pilkades,” jelas Endah, Kamis (8/10).

Diakui, nanti akan ada panitia pilkades dan pihak Desa yang memantau terkait hak pilih yang datang dari zona merah. Upaya ini dilakukan sebagai antisipasi jangan sampai ajang pilkades menjadi kluster baru penyebaran covid 19.

“Yang jelas terkait tata cara pelaksanaan.pilkades serentak di masa pandemi ini akan di atur dalam Perbup,” tandasnya.

Dikatakan, untuk beberapa desa yang saat ini akan menggelar pilkades serentak memang ada juga warganya bekerja di Jakarta dalam jumlah banyak. Sehingga, hal ini harus diantisipasi ketika mereka pulang untuk menyalurkan hak pilihnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed