oleh

Cigintung Alami Krisis Air Bersih

SUMEDANGEKSPRES.COM , CISITU – Sejumlah warga di Desa Cigintung Kecamatan Cisitu mengalami krisis air bersih selama tiga bulan terakhir.

Mereka terpaksa menggunakan dan mengambil air di MCK untuk mandi dan mencuci karena air sumur sudah mulai surut. Sementara, air PDAM dan PAM tidak mengalir maksimal.

Warga setempat Souryanah (40) mengatakan, sekarang air dari PDAM saja sudah jarang mengalir. Bahkan, pernah tidak mengalir selama tiga hari.

“Ya untuk sekedar mencuci dan mandi lebih baik datang ke MCK saja. Untuk keperluan rumah tangga kita terpaksa harus mengangkutnya,” ujar Souryanah saat ditemui di MCK Desa Cigintung, Selasa (13/10).

Souryanah menuturkan, dirinya terpaksa memakai air dari MCK yang jaraknya cukup jauh. Daripada harus kekurangan air bersih.

Di kemarau tahun ini, kesulitan air bersih memang cukup berdampak bagi warga Desa Cigintung. Hal itu diakui Kepala Desa Cigintung Rasta.

Menurutnya, warga yang kekurangan air bersih terdapat di Dusun Karamat. “Kami tidak tahu persis jumlahnya, namun yang jelas seluruh warga di Dusun Karamat kekurangan air bersih,” tegasnya.

Dijelaskan, kekurangan air bersih hampir terjadi setiap tahun di Dusun Karamat, terutama saat musim kemarau tiba. Warga mengandalkan air bersih dari PAM meski sering tidak mengalir.

“Air mengalirnya hanya sedikit, itupun hanya di malam hari,” pungkasnya. (cr3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed