oleh

Armada Minim, Sampah Tak Terangkut

SUMEDANGEKSPRES.COM, JATIGEDE – Sebanyak 12 desa di sejumlah kecamatan, mendapatkan layanan penarikan sampah dari UPT Persampahan wilayah Jatigede.

Staf UPT Persampahan wilayah Jatigede Candrawijaya menyebutkan, ruang lingkup kerja UPT wilayah Jatigede meliputi 9 kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Jatigede, Ujungjaya, Tomo, Jatinunggal, Wado, Darmaraja, Cibugel, Cisitu dan Situraja. Dari sembilan kecamatan itu terdapat 121 desa.

Dikatakan, dari 121 desa tersebut baru terlayani penarikan sampah sebanyak 12 desa. Antara lain, Desa Cigintung, Pajagan, Ranjeng, Cisitu, Sundamekar, Situmekar dan Linggajaya di Kecamatan Cisitu. Kemudian, Desa Cijati, Cikadu, Malaka, Sukatali di Kecamatan Situraja dan Desa Pawenang di Kecamatan Jatinunggal.

“Kami terus memperluas pelayanan penarikan sampah namun secara bertahap. Mudah-mudahan semua wilayah desa di ruang lingkup kerja kami bisa terlayani,” ujar Candra kepada Sumeks Selasa (13/10).

Dia menyebutkan, dalam pelayanan penarikan sampah pihak UPT baru bisa mengoperasikan satu armada truk. Dalam satu hari, armada tersebut bisa mengangkut kurang lebih enam ton sampah.

Candra menuturkan, sebenarnya untuk bisa melayani penarikan sampah di wilayah kerja Jatigede minimal harus ada tiga armada. Dengan demikian, pelayanan pengangkutan sampah di pedesaan bisa maksimal.

“Mudah-mudahan ke depan armada akan bertambah,” ucapnya.

Untuk penanganan sampah lebih komprehensif, kata dia, pihaknya berharap pemerintah desa bisa berkoordinasi dan bisa saling sinergi dengan pihak UPT. Sehingga, bisa bahu membahu menyelesaikan permasalahan sampah di pedesaan.

Candra mengatakan, banyak upaya yang telah dilakukan pihak UPT dalam penanganan sampah. Di antaranya, menetralisir sejumlah titik yang banyak timbunan sampah, di antaranya titik di Jalan Lingkar Jatigede tepatnya di Ranggon, Kecamatan Darmaraja. Lalu, titik blok Bakom Linggajaya Kecamatan Cisitu dan titik Cipadung Kecamatan Situraja. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed