oleh

KPU Kab Bandung Tetapkan DPT

SUMEDANGEKSPRES.COM, BANDUNG – Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Kabupaten Bandung mencapai 2.356.412 hak pilih. Jumlah tersebut, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.189.772 dan pemilih perempuan 1.166.640.

“Kami sampaikan bahwa jumlah DPT  Pilkada Kabupaten Bandung sebanyak 2.356.412 pemilih. Jumlah itu menurun ketimbang pemilihan presiden yang lalu  sebanyak 4.247 hak pilih,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya SP MM di hadapan para wartawan usai penetapan DPT, Kamis (15/10).

Dia menjelaskan, jumlah hak pilih paling banyak se Kabupaten Bandung ada di kecamatan Baleendah, yakni sebanyak 161.139 hak pilih. Kemudian, disusul Kecamatan Ciparay sebanyak 130.326 hak pilih.

“Biasa rangking hak pilih terbanyak ada di tiga kecamatan, yaitu Baleendah, Ciparay dan Cileunyi. Jumlah tersebut terbilang besar. Makanya setiap tahun hak pilih terbanyak berada di tiga kecamatan itu,” terangnya.

Dia menegaskan jumlah hak pilih yang tersebar di kabupaten Bandung berada di 6.874 tempat pemungutan suara (TPS). Sebelumnya, jumlah TPS hanya 6.872. TPS tersebut ada penambahan dua buah TPS yakni di TPS Rumah Sakit dan Polresta Bandung.

“Memang ada dua TPS yang nambah sehingga menjadi  6.874 TPS setelah dua TPS khusus ditambahkan di dua lokasi itu,” tegasnya.

Penetapan DPT itu dilakukan di Kantor KPU Kabupaten Bandung dengan jumlah undangan terbatas sesuai dengan protokol kesehatan.

Pihak KPU mengundang stakeholder terkait atau liaison officer (LO) dari ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Bandung. Selain itu, sejumlah undangan lainnya yakni desk Pilkada Kabupaten Bandung, Bawaslu, TNI dan Polri.

Acara selesai hingga menjelang magrib dan penetapan menunggu tanggapan dari masyarakat. Jika ada masyarakat yang masih belum masuk di DPT maka KPU akan menetapkannya di DPT Tambahan. (cr2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed