oleh

Lahan Tidur Harus Bermanfaat

SUMEDANGESKPRES.COM– Ribuan hektar lahan tidur milik pemerintah yang belum dimanfaatkan secara optimal akan digunakan untuk kepentingan masyarakat. Diantaranya, digunakan untuk agrobisnis dan pariwisata.

Seperti disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat memimpin Rapat Koordinasi Forkopimda yang digelar di Gedung Negara, Selasa (13/10) lalu.

“Kedepannya tanah milik pemerintah ini akan dimanfaatkan untuk agrobisnis dan pariwisata dengan mengandeng privat sektor atau investor. Namun, negara yang menguasainya,” ungkapnya.

Dikatakan, pemanfaatan potensi tanah lahan ini merupakan salah satu instrumen untuk mensejahterakan masyarakat. Terutama, dalam rangka menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

Dijelaskan, saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang mencapai 9 % lebih. Kantung kemiskinan rata rata buruh tani yang berada di desa desa yang tidak menutup kemungkinan berdekatan dengan tanah milik negara.

“Sangat tepat sekali, reforma agraria ini memberikan dampak sebesar besarnya untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang dengan memberikan akses yang luas dan juga kepemilikan lahan melalui redistribusi tanah,” tuturnya.

Bupati mengharapkan, dengan pengusulan hak pakai dan HGU setidaknya bermuara kepada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Terutama, dalam menurunkan angka kemiskinan.

Menurutnya, target penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang yang yelah ditetapkan dalam RPJMD cukup progresif. Semula hanya 0,5 persen pertahun mulai periode ini menjadi mulai 0,8 persen per tahun.

“Perlu kerja keras, extra effort dari kita semua termasuk dalam memanfaatkan potensi lahan yang kurang produktif yang kita miliki sekarang,” pungkasnya. (atp)
Area lampiran

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed