oleh

Belasan Tahun Hidup di Rutilahu

Tak Jarang Makan Tanpa Nasi

SUMEDANGEKSPRES.COM, CIMANGGUNG – Di tengah himpitan ekonomi dan pandemi Covid-19, Siti Julaeha atau yang akrab disapa ma Eha harus rela hidup di rumah tidak layak huni (Rutilahu). Dia tinggal di Dusun Lebak Gede Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung.

Istri dari Oleh itu hanya hidup berdua dengan mengandalkan buruh tani dan penjual kicimpring. Jangankan membangun rumah, untuk makan sehari-hari pun Eha kelimpungan mencari nasi.

Bahkan, tak jarang Eha makan nasi oyek (olahan dari singkong yang dikeringkan) dan kadang singkong rebus.

Eha mengaku sudah bosan hidup di rumah beralasakan anyaman bambu namun mau gimana lagi. “Ya Kahayang mah tinggal di bumi anu sae, ditembok, aya WC an dijero bumi. (Maunya tinggal di rumah bagus, ditembok, ada WC di dalam rumah),” katanya.

Eha mengaku kesulitan di saat akan mandi dan MCK. Sebab kamar mandinya berada di belakang rumahnya yang kadang bergantian dengan orang lain. Tak adanya MCK komunal dan septitank menyebabkan suasana di perkampungan itu kumuh.

“Di sini mah jarang warga punya WC sendiri, ya pake toilet umum. Airnya juga ditimba gak pake mesin pompa,” kata Eha.

Selain Eha, ada belasan rumah tidak layak huni lagi di Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung. Daerah yang perbukitan dan jauh dari perkotaan seakan dipandang sebelah mata oleh pemerintah Kabupaten Sumedang.

Sekdes Sindanggalih Jajat Sudrajat membenarkan jika di desanya masih banyak rutilahu yang belum tergarap oleh bantuan manapun. Saat ini, pihak desa sedang bekerja keras untuk mengakomodir rehab rutilahu dari berbagai post bantuan pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Kita sedang usahakan itu secara bertahap. Ada sebagian yang sudah direhab, kebanyakan memang belum. Kan dana desa khusus untuk infrastruktur diprioritaskan,” katanya.

Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir pada Jumat (14/10) melakukan tinjauan ke beberapa rutilahu di Desa Sindanggalih. Selain mengecek rutilahu, Bupati juga mengecek pelayanan kependudukan secara mobile dan menjadi khotib di Ponpes Hidayatul Falah Dusun Cibulakan Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed