oleh

Bansos Pusat Tahap ke-7 Cair

SUMEDANGEKSPRES.COM, CIMALAKA – Sebanyak 218 kepala keluarga di Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka, Jumat (16/10) lalu, menerima bantuan sosial tunai (BST) Kemensos tahap ke-7. Besarannya, Rp 300 ribu per KK.

“Bantuan ini, merupakan program pemerintah pusat, yang direncanakan hingga akhir tahun ini,” ujar Sekdes Nyalindung Jajang Roni ketika ditemui Sumeks di ruangan kerjanya, akhir pekan kemarin.

Dia juga mengatakan, beberapa hari sebelumnya, desa memasilitasi penyaluran bantuan dampak covid ini, kepada warga yang terdaftar di Program Keluarga Harapan (PKH). Yakni, berupa bantuan beras.

“Jumlah warga yang terdaftar di PKH sebanyak 216 anggota keluarga sebagai peserta PKH,” jelas dia.

Namun, dia juga mengakui, ada beberapa warga yang datanya hilang sebagai penerima bansos selain BLT Dana Desa. “Karena selain BLT Dana Desa, itu kebijakannya vertikal. Sehingga kami akan mengusulkan kembali,” tutur sekdes.

Sementara itu, kaitannya dengan rencana pembangunan fisik yang akan dilaksanakan tahun ini, beberapa di antaranya akan dialihkan di tahun 2021. Hal tersebut, karena sebagian dana desa, dialokasikan untuk penanganan covid, terutama BLT dana desa.

“Ternyata di tengah perjalanan terbentur dengan adanya pandemik. Imbasnya beberapa kegiatan fisik yang sedianya dilaksanakan 2020 ini kemungkinan besar bergeser ke perencanaan untuk anggaran pendapatan dan belanja Desa tahun 2021,” jelas dia. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed