oleh

SMAN 2 Sumedang Sukseskan GTPP

Gubernur Canangkan Tanam 50 Juta Pohon

SUMEDANGEKSPRES.COM – SMAN 2 Sumedang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat wilayah 1 Sumedang Indramayu, melakukan penanaman 50 juta pohon di lingkungan sekolah, Selasa (20/10).

Kegiatan ini merupakan penanaman perdana dalam rangka menyukseskan Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP) 50 juta pohon di Provinsi Jawa Barat.

Kepala Penyuluh Kehutanan wilayah 1 Sumedang Indramayu Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Dedi Supriyadi mengatakan, kegiatan ini dihadiri jajaran tenaga kependidikan dan tenaga pengajar di SMAN 2.

Serta, dihadiri oleh para penyuluh dan struktural dari Cabang 1 Dinas Kehutanan Wilayah Sumedang serta perwakilan alumni dan siswa siswi SMAN 2 Sumedang.

“Pada saat ini, untuk melaksanakan Gerakan Tanam Pelihara Pohon perdana, dilakukan penanaman pohon buah-buahan dan jenis pohon kayu-kayuan,” ujar Dedi didampingi Kepala SMAN 2 Sumedang Teti Ismayati S.Pd, M.PKim.

Dikatakan, dengan satu orang menanam minimal satu pohon ini, akan menghijaukan atau memperbaiki lingkungan. Khususnya, yang ada di lingkungan-lingkungan sekolah dan pada umumnya yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Sekali lagi, bagi masyarakat ada kewajiban untuk menanam minimal satu pohon. Di tahun 2020 ini, apabila program itu dilaksanakan maka akan tertanam paling tidak sedikitnya 50 juta pohon,” jelas dia.

Dijelaskan, sebagaimana yang diprogramkan oleh Gubernur Jawa Barat, Gerakan Tanam Pelihara Pohon 50 juta pohon di Jawa Barat ini, merupakan imbauan bagi masyarakat dimana anggarannya bersumber dari partisipasi warga atau masyarakat. Selain itu, juga para ASN yang berada di Jawa Barat.

“Sehingga, para ASN diwajibkan minimal menyumbangkan 10 pohon per orang dan masyarakat minimal dapat menyumbangkan satu pohon,” tegasnya.

Dia menuturkan, untuk yang berbahagia, misalnya yang ulang tahun, menikah serta alumni dan yang lulus, minimal menyumbangkan 10 pohon. Kemudian, bagi warga yang akan melaksanakan perpanjangan STNK/pajak kendaraan roda empat sebanyak 20 pohon dan roda dua 10 pohon.

“Ada juga para ASN yang akan naik pangkat dan jabatan, itu sumbangan pohonnya lebih banyak lagi antara 50 sampai 100 pohon,” ujarnya.

Ditegaskan, kegiatan ini merupakan program dan bukan percontohan. Karena, semua harus melaksanakan. “Mungkin momennya yang perdana ini diawali dari SMAN 2 Sumedang,” terangnya. (ahm/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed