oleh

Harga Tepung Mocaf Tinggi

SUMEDANGEKSPRES.COM , DARMARAJA – Tepung mocaf belum bisa disentuh oleh para pengusaha mikro. Lembaga Patriot Desa terus mencari celah agar tepung mocaf bisa digunakan oleh pengusaha mikro.

Seorang anggota Patriot Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja Arika Tarda mengatakan, saat ini harga tepung mocaf masih berada di atas harga tepung terigu yang biasa digunakan pengusaha mikro.

Dia mengakui, pengembangan pemasaran tepung mocaf yang cepat itu harus bekerjasama dengan pelaku usaha mikro.

“Kualitas mocaf sudah tidak lagi diragukan. Hanya saja masyarakat, terutama pelaku usaha mikro masih belum menggunakan mocaf karena masalah harga,” kata Arika Tarda kepada Sumeks, Rabu, (21/10).

Oleh sebab itu, pihaknya masih berupaya untuk mengurangi biaya produksi mocaf tersebut. Setelah dilakukan kajian, biaya terbesar itu ada di ongkos angkut.

Dengan begitu, pihaknya membuka celah baru untuk menyebarkan produksi mocaf di setiap wilayah yang ada di Desa Sukaratu.

“Sebenarnya biaya terbesar itu ada di mobilitas bahan baku. Oleh sebab itu kita bentuk program baru lagi dengan menyebar produksi sehingga ongkos angkut bahan baku bisa diminimalisir,” kata dia.

Arika menyebutkan, targetnya harga mocaf bisa sesuai dengan harga tepung terigu, tanpa harus menekan petani.

“Di sini memang dilema, kalau kita turunkan harga mocaf, mungkin pelaku usaha mikro akan terbantu. Tapi petani singkongnya akan tertindas, jadi kita mau semua merasa diuntungkan,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed