oleh

Cibeureum Kulon Bangun Perpustakaan Desa

SUMEDANGEKSPRES.COM , CIMALAKA – Dalam rangka mendongkrak minat baca masyarakat, Pemerintahan Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka membangun perpustakaan desa.

Pj Kepala Desa Cibeureum Kulon Suhena SSos mengatakan, langkah tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Menurutnya, penggunaan DD untuk literasi dialokasikan pada pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan dan kebudayaan. Yakni, bangunan Perpustakaan Desa dan buku atau bahan bacaan.

“Oleh karenanya, Pemerintah Desa sudah saatnya merealisasikan apa yang menjadi amanat Permendes tersebut,” kata Suhena kepada wartawan, belum lama ini.

Senin (19/20) lalu, Pj Kepala Desa Cibeureum Kulon menyerahkan bantuan pengadaan buku bacaan untuk Rumah Baca Motekar Desa Cibeureum Kulon. Jumlah buku yang diserahkan sebanyak 266 eksemplar. Terdiri dari beberapa jenis buku. Diantaranya, buku bacaan anak-anak, buku pertanian, buku perkebunan, buku perikanan, tataboga, olahraga dan kesehatan.

Tak hanya itu, Pj Kepala Desa Cibeureum Kulon juga menyerahkan bantuan pendukung sarana prasarana lainnya berupa datu unit komputer berikut printernya, speaker aktif dan juga kipas angin.

Jumlah bantuan yang diberikan sebesar Rp 13.158.200, dialokasikan dalam APBDes bersumber dari Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2020.

Dia mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah desa terhadap kebutuhan SDM yang memadai.

“Melalui bantuan pengadaan Buku tersebut saya berharap dapat meningkatnya kesadaran literasi masyarakat yang akan berdampak pada meningkatnya Indek Pembangunan Manusia (IPM) dan mencerdaskan masyarakat. Terlebih, alokasi dana dari Pemerintah Pusat saat ini beralih fokus ke pembangunan SDM” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Rumah Baca Motekar Desa Cibeureum Kulon Ida Farida mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Cibeureum Kulon atas suport/dukungannya hingga terwujudnya Rumah Baca Motekar yang nyaman dan memadai.

Dia bersama pengelola berjanji akan terus meningkatkan inovasi-inovasi kreatif lainnya guna meningkatnya motivasi kesadaran literasi masyarakat Desa Cibeureum Kulon. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed